KPU Medan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Optimistis penghitungan suara pemilu 2019 cepat selesai

Medan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menggelar acara Bimbingan Pemantapan (Bimtek) pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu serentak tahun 2019 di Hotel Emerald Garden, di Jalan Putri Hijau Medan,  Sumatera Utara, Jumat (15/3).

Pada kegiatan ini juga dilakukan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara mirip seperti di TPS.

Dari hasil simulasi, KPU memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu 17 April mendatang lebih cepat selesai. Karena jumlah pemilih di TPS pada 2019 berkurang hingga 50 persen jika dibandingkan Pemilu 2009 dan 2014.

"Tapi kalau dibilang sampai malam, iya pasti. Sedangkan penghitungan Pilkada yang kotak suaranya cuma satu saja bisa sampai sore, apalagi ini menghitung lima jenis kotak suara," kata Rinaldi Khair, Komisioner  KPU Medan Divisi Teknis Penyelenggara.

Baca Juga: Rommy PPP Kena OTT KPK, Begini Komentar dari Presiden Jokowi

1. Simulasi untuk mengetahui secara pasti apa titik kelemahan

KPU Medan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan SuaraIDN Times/Fadli Syahputra

Rinaldi menerangkan, Bimtek pada hari kedua ini merupakan simulasi secara langsung terkait teknis perhitungan suara.

Pihaknya melibatkan 105 PPK yang ada di Kota Medan dalam simulasi tersebut. Dari simulasi ini KPU Medan ingin melihat kondisi nyata pada saat pemungutan dan penghitungan suara berlangsung.

"Tujuannya kita bisa mengetahui secara pasti apa titik kelemahan, titik masalah dan apa solusi yang kita tawarkan ketika hal itu terjadi waktu hari H nanti," ujarnya

Dari kondisi yang ada saat ini, lanjutnya, sebenarnya semua permasalah itu ada solusi dan jawabannya, selama penyelenggara menguasai Undang-undang KPU Nomor 03 Tahun 2018 tentang pemungutan dan perhitungan suara. 

"Kalau semua itu sudah dipahami dan sudah disimulasikan, saya yakin mereka-mereka yang mem-bimtek nanti ke bawah akan membantu penyelenggara di tingkat PPS dalam memahami situasi di lapangan," ungkapnya. 

2. Tidak ada pemadaman listrik saat penghitungan suara

KPU Medan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan SuaraIDN Times/Fadli Syahputra

Ketika disinggung kendala di lapangan waktu penghitungan suara berlangsung, baik itu kendala pemadaman listrik atau hujan, dia mengaku akan berkordinasi dengan pihak PLN dan hal itu sudah dilakukan oleh KPU Provinsi Sumatera Utara.

Sementara untuk KPU Medan sendiri akan menyusul guna memastikan tidak adanya pemadaman listrik saat penghitungan suara berlangsung. 

"Khusus untuk daerah yang rawan akses listriknya, kita minta penyelenggara untuk menyediakan genset. Kalau masalah cuaca saya rasa Kota Medan masih dalam posisi aman, apalagi ini kan bukan musim hujan, yang jelas pastilah ada persiapan yang dilakukan," pungkasnya. 

Baca Juga: Satma AMPI Galang Dana untuk Bantu Korban Bom Sibolga

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya