Comscore Tracker

Kejurda Selesai, Atlet Tarung Derajat Diminta Fokus Pra-PON

Medan hanya raih peringkat ketiga

Medan, IDN Times - Kejuaraan daerah (Kejurda) tarung derajat antar-pelajar merebut Piala Gubernur Sumut resmi berakhir d GOR Dispora Sumut, Kamis (25/7). Event yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti 152 atlet pelajar se-Sumut mewakili 19 kabupaten kota.

Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kabupaten Asahan sukses mempertahankan gelar juara umum usai meraih 5 medali emas dan 2 perunggu.

Runner up ditempati Mandailing Natal dengan 3 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Posisi ketiga diisi Kota Medan dengan 2 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

1. Seleksi menuju Popnas 2019 di Papua

Kejurda Selesai, Atlet Tarung Derajat Diminta Fokus Pra-PONIDN Times/Hasudungan

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumut Rudi Rinaldi mewakili Gubernur Sumut menutup resmi kejuaraan tersebut. Ia berharap prestasi yang didapat harus jadi semangat awal untuk meraih prestasi lebih di event yang lebih tinggi, seperti di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 di Papua dan Prakualifikasi PON 2019 menuju PON 2020.

"Kepada para pelatih dan pembina cabang olahraga tarung derajat untuk fokus melakukan pembinaan agar nantinya lahir petarung andal dari Sumut. Mereka nantinya akan menjadi harapan Sumut di masa yang akan datang, termasuk pada PON 2020 di Papua maupun PON 2024 saat Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah bersama," ujar Rudi Rinaldi.

Baca Juga: Kalahkan Medan dan Madina, Asahan Juara Umum Kejurda Tarung Derajat

2. Imam Abdi lanjut fokus ke Pra-PON

Kejurda Selesai, Atlet Tarung Derajat Diminta Fokus Pra-PONIDN Times/Yudi Pane

Peraih medali emas di kelas U-53 kg putra, Imam Abdi mengaku senang bisa persembahkan medali bagi Asahan. Siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 10 Kisaran ini mengaku, prestasi di Kejurda akan menambah kepercayaan diri jelang tampil di Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON).

"Alhamdulillah medali emas bisa saya raih emas lagi. Sebelumnya juga dapat emas pada Kejurda umum di Asahan pada April. Prestasi ini akan saya jadikan semangat untuk bisa meraih hasil terbaik di Pra-PON," ucap Imam.

3. Sejak awal pasag target 5 medali emas

Kejurda Selesai, Atlet Tarung Derajat Diminta Fokus Pra-PONIDN Times/Yudi Pane

Pelatih Pengcab Kodrat Asahan, Wan Rudi mengatakan, prestasi tahun ini lebih baik dari 2017 silam karena hanya meraih 4 medali emas, 1 perak, 3 perunggu. Sementara tahun ini sudah sesuai dengan target awal yakni 5 emas.

"Asahan menurunkan 12 atlet dan bersyukur bisa rebut juara umum lagi. Dari awal kami memang targetkan 5 medali emas," ucapnya.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya