Jokowi-Ma'ruf Menang 84 Persen di Spanyol

PSI raih suara terbanyak kedua di PPLN Spanyol

Keseruan proses penghitungan suara disaksikan langsung oleh WNI di Madrid pada Rabu, 17 April 2019 di KBRI Madrid.

Ketegangan dan deg-degan warga Indonesia sudah terlihat saat penghitungan suara dimulai pukul 13.00 waktu setempat hingga selesai.

Tidak hanya itu, saat panitia membacakan suara sah, ada beberapa warga yang turut melihat dan memastikan coblosan pada surat suara tersebut benar seperti yang disampaikan panitia Pemilu.

Tercatat dari total 725 surat suara di TPSLN Madrid maupun melalui pos, 697 suara dinyatakan sah. Sebanyak 588 suara (84,36 persen) untuk pasangan Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 dan 109 suara (15,64 persen) untuk pasangan nomor urut 02.

Sementara itu, perolehan suara untuk DPR RI, posisi 3 (tiga) teratas didominasi oleh PDIP dengan 238 suara (37,7 persen), PSI dengan 156 suara (24,7 persen) dan Gerindra dengan 52 suara (8,2 persen). Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Spanyol ini berjalan tertib, aman dan lancar.

"Kekompakan, antusiasme dan semangat masyarakat dalam mengikuti pesta demokrasi yang diadakan setiap 5 (lima) tahun sekali ini cukup tinggi. Hal ini terlihat dari suasana keakraban dan antusiasme warga yang hadir saat pencoblosan maupun saat penghitungan suara dilakukan," ujar Jopkie Kurniawan selaku Ketua PPLN Madrid kepada IDN Times.

Pada momentum ini, tidak lupa mereka mengabadikannya dengan merekam dan memotret serta mengunduhnya ke akun sosial media masing-masing.

Untuk menemani keseruan dan deg-degan warga yang hadir pada proses penghitungan suara, panitia menyediakan cemilan tradisional Indonesia seperti lupis, ketan dan kue manis serta beberapa cemilan lokal.

Baca Juga: Jadi Ajang Temu Kangen, Begini Suasana Pencoblosan di Kota Madrid

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya