Jangan Sedih Gak Lulus PTN, Ini 10 Kampus Swasta Terfavorit di Medan

Berdasarkan pemeringkatan 4ICU UniRank tahun 2023

Menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang punya gengsi tersendiri. Karena untuk masuk harus mengikuti seleksi terlebih dahulu. Meski sudah banyak jalur seleksi ke PTN, namun kuotanya tetap saja terbatas.

So, bagi kamu yang gak lulus masuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Jangan sedih Guys!

Ilmu gak hanya ada di kampus negeri kok. Terlebih di Kota Medan, banyak kok kampus swasta yang favorit dan punya kualitas gak kalah bagus dari PTN.

Berikut 10 kampus terbaik di Kota Medan berdasarkan pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank tahun 2023:

1. Universitas Medan Area

Jangan Sedih Gak Lulus PTN, Ini 10 Kampus Swasta Terfavorit di MedanDok. uma.ac.id

Saat ini Universitas Medan Area memiliki 8 fakultas dengan 17 program studi. Universitas Medan Area menempati posisi pertama kampus swasta unggulan di Medan dengan peringkat 24 kampus terbaik di Indonesia dan 2446 di dunia.

2. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jangan Sedih Gak Lulus PTN, Ini 10 Kampus Swasta Terfavorit di Medandok.pribadi

Berikutnya ada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang menempati peringkat 66 terbaik di Indonesia dan 4325 di dunia. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara memiliki 8 fakultas pilihan.

3. Universitas Potensi Utama

Universitas Potensi Utama menempati tiga besar kampus terbaik di Medan. Kampus ini memiliki sekitar 5 fakultas dengan berbagai program studi. Universitas Potensi Utama menempati peringkat ke 163 kampus terbaik di Indonesia dan 7186 di Indonesia.

4. Universitas Islam Sumatera Utara

Jangan Sedih Gak Lulus PTN, Ini 10 Kampus Swasta Terfavorit di MedanDok. IDN Times/IStimewa

Kampus utama UISU beralamatkan Jalan Sisingamangaraja, Teladan Barat, Medan.

UISU telah memiliki 9 fakultas untuk jenjang Sarjana yakni Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas Sastra.

Peringkat nasional: 177

Baca Juga: PSMS Tambah 2 Amunisi Baru, Eks Semen Padang dan Bekasi City

5. Universitas Prima Indonesia

Saat ini Universitas Prima Indonesia memiliki 10 fakultas dengan 22 program studi. Tidak heran bila Universitas Prima Indonesia menjadi universitas swasta terbaik di Medan.

Universitas Prima Indonesia juga berada di peringkat 189 di Indonesia dan 7711 di dunia.

6. Universitas HKBP Nommensen

Jangan Sedih Gak Lulus PTN, Ini 10 Kampus Swasta Terfavorit di Medanfacebook/Universitas HKBP Nommensen

Berikutnya ada Universitas HKBP Nommensen yang menempati posisi ke-204 kampus terbaik di Indonesia. Universitas HKBP Nommensen juga menempati posisi 8234 terbaik di dunia.

7. Universitas Pembangunan Panca Budi

Jangan Sedih Gak Lulus PTN, Ini 10 Kampus Swasta Terfavorit di MedanDok. IDN Times/Istimewa

Universitas Pembangunan Panca Budi masuk daftar universitas swasta terbaik di Medan yang menjadi incaran calon mahasiswa. Universitas Pembangunan Panca Budi memiliki 7 fakultas dengan 13 program studi. Kampus swasta ini meraih peringkat ke 236 di Indonesia dan 8831 di dunia.

8. Universitas Methodist Indonesia

Selanjutnya ada Universitas Methodist Indonesia yang memiliki 5 fakultas dengan 14 program studi. Universitas Methodist Indonesia berada di peringkat 226 kamus terbaik di Indonesia dan 9460 terbaik di dunia.

9. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Hingga saat ini Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah memiliki 6 fakultas dengan berbagai program studi terakreditasi. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah saat ini berada di peringkat 327 di Indonesia dan 10482 rangking dunia.

10. Universitas Sari Mutiara Indonesia

Jangan Sedih Gak Lulus PTN, Ini 10 Kampus Swasta Terfavorit di Medanilustrasi kuliah (Pexels.com/ Antony Trivet)

Universitas Sari Mutiara Indonesia berada di peringkat 335 sebagai kampus terbaik di Indonesia. Selain itu berada di peringkat 10592 kampus terbaik dunia. Mengherankan jika Universitas Sari Mutiara Indonesia menjadi universitas swasta terbaik di Medan.

Selain itu ada juga di urutan ke-11 Universitas Katolik Santo Thomas Peringkat nasional: 337, ke-12. Universitas Dian Nusantara Peringkat nasional: 339, ke-13 Universitas Dharmawangsa Peringkat nasional: 392, ke-14 Universitas Darma Agung Peringkat nasional: 403, dan peringkat ke-15 Universitas Alwashliyah Medan Peringkat nasional: 457

Itulah daftar kampus swasta terbaik di Kota Medan yang bisa menjadi referensi kamu melanjutkan pendidikan tinggi dan masing-masing kampus punya program studi unggulan.

Mau kuliah Negeri atau Swasta, hasilnya kuliahnya ada di tangan kamu.

Baca Juga: Tak Lulus 2 PTN, Siswi YPSA Medan Diterima 6 Kampus Top Luar Negeri

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya