Ini 6 Usulan Program Unggulan Untuk USU di Era Revolusi Industri 4.0

Muryanto Amin optimistis bisa bikin USU lebih baik

Medan, IDN Times - Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si menawarkan 6 usulan program unggulan saat Pemaparan Program Kerja Calon Rektor USU Periode 2021-2026 yang dilaksanakan di hadapan panitia penjaringan dan panelis, Selasa (24/11/2020).

Dalam pemaparannya yang bertajuk ‘Transformasi Universitas Sumatera Utara Merespon Disrupsi Dan Hiper Kompetisi Tahun 2021-2026' tersebut, Muryanto yang saat ini menjabat sebagai Dekan FISIP USU menegaskan USU harus mampu memberikan kontribusi dalam merespon perubahan yang sangat cepat terjadi di Revolusi Industri 4.0 ini.

“Perkembangan Revolusi Industri 4.0 yang menghasilkan fenomena situasi di mana pergerakan dunia industri bergerak cepat (disrupsi) dan hiperkompetisi, mengharuskan Universitas Sumatera Utara mampu memberikan kontribusi dalam merespon perubahan yang sangat cepat terjadi,” ucapnya.

1. Menerapkan kelembagaan dan tata kelola adaptif

Ini 6 Usulan Program Unggulan Untuk USU di Era Revolusi Industri 4.0Muryanto Amin, Dekan FISIP USU (Dok. IDN Times)

Adapun lanjut Muryanto Amin, 6 usulan atau gagasan program yang akan ia prioritaskan jika dipercaya menjabat Rektor Universitas Sumatera Utara Periode Tahun 2021-2026 yakni pertama menerapkan kelembagaan dan tata kelola adaptif.

Muryanto menegaskan, re-adjustment dan revitalisasi struktur serta tata kelola menjadi landasan penting agar pengelolaan universitas dilakukan sangat fleksibel karena USU harus segera merespon perubahan yang sangat cepat terjadi di luar kampus.

“Kelembagaan dan tata kelola yang ketat serta tidak adaptif akan menjebak USU mengalami kesulitan menghasilkan inovasi,”urai Mury –panggilan akrab Muyanto Amin.

Selanjutnya adalah adaptasi tugas Trim Dharma. Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dilaksanakan secara integratif. Proses belajar mengajar dirumuskan berdasarkan perkembangan kehidupan masyarakat, menyesuaikan kurikulum, metode dan konten pembelajaran yang mengutamakan sharing experience serta menggunakan digital.

“Materi ajar harus disusun secaradinamis mengikuti perkembangan temuan riset dan pengabdian masyarakat dilakukan mengatasi masalah jangka panjang masyarakat,” terangnya.

Baca Juga: Tingkatkan Potensi Diri dan Skill, AIESEC USU Gelar Virtual Talk Show

2. Perlu dilakukan Digitalisasi Kampus

Ini 6 Usulan Program Unggulan Untuk USU di Era Revolusi Industri 4.0Dekan FISIP USU Dr Muryanto Amin (Dok. IDN Times)

Ketiga, merevitalisasi aset universitas untuk mendukung proses pembelajaran yaitu ruang kelas, ruang laboratorium, ruang kantor, toilet, perpustakaan, ruang terbuka hijau, kantin, tempat ibadah, asrama mahasiswa, dan area unit usaha.

“Standarisasi infrastruktur memenuhi penilaian akreditasi internasional dan membangun interkoneksi di wilayah kampus,”sebutnya.

Keempat, Digitalisasi Kampus. Dimana kata Muryanto, pengelolaan teknologi informasi dilakukandengan menggunakan konsep back office dan dimanfaatkan secara profesional oleh front office dalam Pusat PelayananTerpadu (PPT) USU.

“Interaksi back office dan front office menghasilkan paduan informasi untuk kepentingan pengambilan keputusan yang dilakukan secara transparan sebagai bentuk layanan informasi public,” bebernya.

Kelima, melakukan enterprise kampus sebagai usaha memperkuat branding USU di lingkup nasional maupun internasional. Ini dilakukan melalui pemanfaatan aset kampus agar memiliki nilai tambah ekonomis.

“Dan terakhir adalah kerjasama. Isu penting dalam kerjasama secara institusi adalah memberdayakan kekuatan universitas agar tidak menjadi menara air. Kerjasama dilakukan secara internal melalui lintas disiplin ilmu dan eksternal untuk membangunsemangat kampus merdeka,”terang Sekretaris Forum Dekan Ilmu Sosial itu.

 

3. Optimistis mampu menghasilkan beberapa pencapaian kinerja USU di Tahun 2025

Ini 6 Usulan Program Unggulan Untuk USU di Era Revolusi Industri 4.0Tim gabungan BPPD lakukan penyemprotan disenfektan di USU (IDN Times/Dok. Istimewa)

Muryanto optimistis, 6 usulan program kerja tersebut mampu menghasilkan beberapa pencapaian kinerja USU di Tahun 2025, seperti akreditasi sangat memuaskan . meningkatnya jumlah guru besar dan doktor, capaian peringkat 10 besar nasional hingga pendapatan usaha sebesar 10 persen.

“Melalui 6 usulan program unggulan di atas, diharapkan USU selama tahun 2021-2025, akan memberikan kontribusi positif merespon disrupsi dan hiperkompetisi yang sangat cepat perubahannya,” tutup Muryanto Amin.

Baca Juga: Serunya Jadi Relawan di Luar Negeri Bersama AIESEC in USU 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya