Comscore Tracker

Donald Sihombing Tak Masuk Daftar Orang Terkaya Lagi, Ini Penyebabnya

Kekayaan Donald Sihombing ambles tahun lalu

Nama Donald Sihombing mendadak mencuat ke permukaan tahun 2019. Nama Donald bahkan masuk dalam daftar 21 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes pada tahun 2019. Ia berada di urutan ke-14.

Waktu itu, Forbes menaksir kekayaan Donald mencapai US$ 1,4 miliar atau Rp19,6 triliun. Donald merupakan pemegang saham terbesar PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS).

Pada 2018 harga saham Totalindo sempat mencapai Rp 990/unit. Pada harga saham tersebut, nilai kapitalisasi saham Totalindo sempat mencapai Rp 33 triliun.

Kepemilikan Donald di perusahaan ini mencapai 61 persen, melalui PT Totalindo Investama Persada. Artinya saat ini nilai kepemilikan Donald di Totalindo mencapai Rp 20,17 triliun, tak jauh dari nilai kekayaan yang dirilis Forbes.

Namun mengapa pada tahun 2020 Donald tak masuk daftar 100 orang terkaya di Indonesia? Yuk simak penyebabnya:

Baca Juga: Perjuangan Panut Hadisiswoyo, 20 Tahun Menjaga Ekosistem Hutan

1. Kekayaan Donald Sihombing menyusut drastis

Donald Sihombing Tak Masuk Daftar Orang Terkaya Lagi, Ini Penyebabnyaswa.co.id

Tahun ini, harga saham Totalindo anjlok hingga ke level Rp 50/unit. Nilai kapitalisasi menyusut menjadi Rp 1,67 triliun dan nilai kepemilikan saham Donald Sihombing di Totalindo ikut menyusut menjadi Rp 1,02 triliun.

Itulah sebabnya ia keluar dari daftar 100 orang Indonesia terkaya Indonesia tahun lalu.

2. Proyek pertama yang digarap yaitu Mal Taman Anggrek milik Grup Mulia

Donald Sihombing Tak Masuk Daftar Orang Terkaya Lagi, Ini PenyebabnyaMall Taman Anggrek (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Donald sebenarnya pernah dipecat dari PT Total Bangun Persada Tbk. Setelah itu, Donald mendirikan Totalindo.

Proyek pertama yang digarap yaitu Mal Taman Anggrek milik Grup Mulia. Proyek ini memiliki konsep superblok terbesar di Asia Tenggara.

Sejak berdiri, perusahaan Donald menggarap banyak proyek di antaranya Hotel Mulia Senayan, Hotel Four Seasons Kuningan, Roxy Square, Kalibata City, Basura City Tower, dan Grand Indonesia West Mall.

3. Terlibat dalam pembangunan perumahan murah yang dicanangkan Pemprov DKI Jakarta

Donald Sihombing Tak Masuk Daftar Orang Terkaya Lagi, Ini Penyebabnya(Salah satu proyek konstruksi yang dikerjakan oleh PT Totalindo Eka Persada) www.totalindo.co.id

Nah yang fenomenal adalah ketika Totalindo terlibat dalam pembangunan perumahan murah yang dicanangkan Pemprov DKI Jakarta.

Totalindo merupakan perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 16 Januari 2017. Saat ini nilai kapitalisasi pasar Totalindo mencapai Rp 25 triliun.

Dari 21 orang terkaya di Indonesia versi Forbes yang dirilis 2019, nama Donald dalam daftar menempati posisi 14 orang terkaya di Indonesia dan melewati sejumlah nama seperti Djoko Susanto dan Ciputra. Namun sayang, setahun berikutnya namanya terlempar dari daftar 100 orang Indonesia terkaya.

Baca Juga: 4 Putra Sumut yang Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di Indonesia

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya