Viral Penumpang Merokok di Toilet Pesawat Batam-Surabaya

Diamankan Avsec Bandara Juanda untuk dimintai keterangan

Batam, IDN Times - Viral di media sosial seorang penumpang kedapatan saat sedang merokok di dalam pesawat Citilink. Diketahui pesawat tersebut berasal dari Kota Batam menuju Surabaya.

Dalam video berdurasi 7 detik yang beredar di media sosial itu, terlihat beberapa petugas bandara sedang mengamankan salah seorang pria yang kedapatan merokok di dalam pesawat.

Ketika di konfirmasi, perwakilan Citilink Indonesia membenarkan kejadian tersebut. Kejadian tersebut diketahui terjadi pada penerbangan Citilink QG 949 rute Batam tujuan Surabaya, Sabtu (18/11) lalu.

"Sehubungan dengan adanya informasi yang beredar mengenai penumpang yang merokok di dalam pesawat, dengan ini dapat kami sampaikan bahwa benar terdapat penumpang yang merokok di dalam penerbangan Citilink QG 949 rute Batam-Surabaya pada Sabtu, 18 November 2023," kata Head of Corporate Secretary Division PT Citilink Indonesia, Haza Ibnu Rasyad melalui keterangan tertulisnya, Senin (20/11/2023).

1. Kedapatan merokok di dalam toilet pesawat

Viral Penumpang Merokok di Toilet Pesawat Batam-SurabayaTangkapan layar seorang pria yang diamankan karena merokok di dalam pesawat Citilink (istimewa)

Haza menjelaskan, salah seorang penumpang tersebut diketahui sedang merokok di lavatory (toilet) pesawat saat adanya laporan dari seorang penumpang lainnya.

Kejadian itu berlangsung saat pesawat Citilink QG 949 sedang bersiap-siap akan melakukan pendaratan di Bandara Juanda Surabaya.

"Penumpang yang bersangkutan mengakui kesalahannya dengan telah merokok di dalam lavatory pesawat," ujarnya.

2. Diamankan Avsec Bandara Udara Juanda Surabaya

Viral Penumpang Merokok di Toilet Pesawat Batam-Surabayailustrasi penumpang pesawat (unsplash.com/Ina Carolino)

Tidak berhenti disitu, setelah dimintai keterangan, salah seorang penumpang tersebut langsung diamankan dan diserahkan kepada petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Udara Internasional Juanda, Surabaya.

"Atas kejadian tersebut, penumpang yang bersangkutan telah diserahkan kepada petugas aviation security di darat untuk ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tegasnya.

3. Citilink apresiasi para petugas yang sigap menangani permasalahan

Viral Penumpang Merokok di Toilet Pesawat Batam-SurabayaMaskapai Citilink. (instagram.com/citilink)

Atas kejadian itu, Haza Ibnu Rasyad mewakili PT Citilink Indonesia mengapresiasi langkah para petugas di darat maupun di udara yang sigap menyelesaikan permasalahan tersebut.

Ia menegaskan bahwa kecepatan dan ketegasan para petugas dalam menangani salah seorang penumpang yang merokok ini adalah satu upaya mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan seluruh penumpang.

"Citilink mengapresiasi petugas udara maupun darat yang telah dengan sigap menangani hal ini. Kami senantiasa selalu mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan agar seluruh penerbangan dapat berjalan secara optimal," tutupnya.

Baca Juga: Menhan Prabowo Siap Bantu Keluarga Korban Pesawat Super Tucano TNI AU

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya