Keren! Sumut Bakal Punya Sport Centre Bertaraf Internasional

Dibangun Diatas Lahan Eks HGU PTPN II

MEDAN, IDN Times - Wacana pembangunan sport centre (pusat olahraga) di Sumatera Utara akan segera terealisasi. Saat ini pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumut sedang melakukan proses pengadaan lahan.

Sport Centre yang akan dibangun bakal bertaraf internasional. Dibangun di atas lahan seluas 300 hektare.

1. Sport Centre dibangun di atas lahan Eks HGU PTPN II

Keren! Sumut Bakal Punya Sport Centre Bertaraf Internasionaltheguardian.com

Lahan seluas 300 hektare lahan yang akan dijadikan sport centre adalah Eks Hak Guna Usaha (HGU) PT Perkebunan Nusantara II.

Kepala Kantor Wilayah BPN Sumut Bambang Priono mengatakan, saat pengadaan lahan segera dilaporkan PTPN II ke menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sofyan A Djalil.

"Lahannya di Desa Saentis, Deliserdang arah ke Bandara Kualanamu. Jadi sekarang ini lagi persiapan lahan dan pelepasan asetnya ke menteri BUMN selaku holding PTPN. Untuk tanahnya tahun ini bisa kita kejar," ujar Bambang, Selasa (2/4).

Baca Juga: Edy Rahmayadi: Fasilitas UNBK Tahun Depan Harus 100 Persen

2. Diklaim jadi Sport Centre termegah di Asia

Keren! Sumut Bakal Punya Sport Centre Bertaraf InternasionalINASGOC/M Agung Rajasa

Dengan lahan yang cukup luas, BPN yakin Sport Centre yang akan dibangun menjadi yang termegah di Asia. Pembangunan akan dilakukan setelah pengadaan lahan rampung.

"Tanah seluas 300 hektare merupakan pengadaan yang besar, dan kalau pembangunan tersebut terjadi akan menjadi pusat olahraga termegah dan termegah di Asia," ujarnya.

3. Sport Centre dipersiapkan untuk PON 2024 hingga Olimpiade 2030

Keren! Sumut Bakal Punya Sport Centre Bertaraf Internasionalolympic.org

Sumut dan Aceh akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON). Hal itu ditetapkan pada April tahun lalu. Sumut dan Aceh mendapat suara terbanyak untuk menjadi tuan rumah.

"Jadi bukan hanya untuk (kebutuhan) PON, tapi bisa Olimpiade. Kalau PON gelegarnya kan cuma nasional, tapi ini kita mau persiapkan untuk Olimpiade 2030 yang lahannya seluas 300 hektare," ungkapnya.

4. Perlu dukungan masyarakat untuk bikin sport centre

Keren! Sumut Bakal Punya Sport Centre Bertaraf Internasionalqerja.com

Tahun ini, BPN mengejar proses pembebasan lahan. Pihaknya berharap, masyarakat bisa memberikan dukungan penuh dari masyarakat.

Jika nanti rampung, aset sport centre akan dikelola oleh Pemprov Sumut.

"Ini harus kita dukung semua. Rakyat harus nurut dengan pemerintah, dan yang jelas kita punya mimpi besar mewujudkan rencana ini," katanya.

Bambang juga mengaku sudah ditanyakan langsung oleh Menteri ATR/BPN Sofyan Jalil, pada beberapa waktu yang lalu. "Pak menteri bilang, Pak Bambang itu sport centre di Sumut jadi ya, dan saya bilang siap," ucapnya menirukan jawaban Sofyan Jalil.

5. Sport Centre jadi janji kampanye Edy Rahmayadi

Keren! Sumut Bakal Punya Sport Centre Bertaraf InternasionalIDN Times/Prayugo Utomo

Ini adalah kali kedua Sumut menjadi tuan rumah PON. Terakhir kali PON dihelat di Sumut pada 1953 silam.

Salah satu peninggalan PON 1953 adalah Stadion Teladan Medan.

Pembangunan Sport Centre menjadi janji Edy Rahmayadi saat berkampanye saat itu. Dia mengatakan, yang akan direaliaasikan adalah pembangunan stadion utama.

"Di sana, direncanakan dibangun stadion utama yang setara minimal sama dengan Stadion Utama Gedebage Jawa Barat," katanya.

Baca Juga: Gubernur Edy Rahmayadi Ulang Tahun ke-58, Ini Potret Kesehariannya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya