Seorang Jemaah Haji Aceh Berusia 70 Tahun Meninggal di Arab Saudi

Akibat iritasi radang usus dan diabetes

Banda Aceh, IDN Times - Seorang jemaah haji Embarkasi Aceh asal Kota Lhokseumawe meninggal dunia, pada Minggu (4/6/2023). Jemaah itu bernama Muhammad Yusuf Dadeh, berusia 70 tahun yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 4.

Informasi duka tersebut dibenarkan Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, usai menerima kabar dari ketua Kloter 4.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah, Muhammad Yusuf Dadeh, jamaah BTJ-04, jam 05.00 bakda subuh tadi waktu Arab Saudi," kata Azhari, pada Minggu (4/6/2023).

1. Meninggal dalam perawatan di rumah sakit Madinah akibat iritasi radang usus dan diabetes

Seorang Jemaah Haji Aceh Berusia 70 Tahun Meninggal di Arab SaudiSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Azhari menyampaikan, jemaah pemilik paspor C6319460 meninggal dalam perawatan medis di Rumah Sakit Umum Madinah Almunawarah, Kota Madinah. Bahkan sebelum meninggal, jemaah itu sempat dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), pada 2 Juni 2023.

Dalam sertifikat kematian (CoD) yang dikeluarkan KKHI Madinah, dikatakan Azhari, almarhum diduga mengalami gastroenteritis, peradangan atau iritasi pada usus dan dehidrasi. Ia juga mengidap diabetes mellitus.

"Pertama kita bawa KKHI saat kritis dibawa ke RSU Madinah, almarhum meninggal di RSU Madinah," ujar Azhari.

2. Almarhum dimakamkan di Kompleks Baqi Madinah

Seorang Jemaah Haji Aceh Berusia 70 Tahun Meninggal di Arab Saudiislami.co

Sementara itu, ketua PPIH Aceh mengatakan, jenazah almarhum telah diurus petugas kloter bersama pihak maktab. Rencananya, jenazah Muhammad Yusuf Dadeh akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Baqi.

"Insyaallah akan dimakamkan di Baqi. Kita doakan semoga almarhum diampuni segala dosanya dan ditempatkan di sisi Allah SWT," ucap Azhari.

Untuk diketahui, Kompleks Pemakaman Baqi terletak di Kota Madinah. Lokasinya terletak di sebelah Barat Daya Masjid Nabawi, jarak dari Masjid ke makam baqi hanya sekitar 500 meter. 

Di tempat tersebut juga dimakamkan anggota keluarga dan 10.000 sahabat Nabi Muhammad SAW.

3. Total jemaah haji Embarkasi Aceh di Arab Saudi 4.303 orang

Seorang Jemaah Haji Aceh Berusia 70 Tahun Meninggal di Arab SaudiIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Sehubungan dengan itu, gelombang pertama jemaah calon haji Embarkasi Aceh telah tiba di Arab Saudi, pada Sabtu (3/6/2023). Kelompok Terbang (Kloter) 11 menjadi yang terakhir dalam gelombang ini.

Total jemaah haji Embarkasi Aceh yang telah tiba di Arab Saudi hingga Sabtu, dikatakan Azhari, yakni 4.303 tergabung dalam 11 kloter. Masing-masing, di antaranya 393 jemaah Kloter 1, 393 jemaah Kloter 2, 390 jemaah Kloter 3, dan 387 jemaah Kloter 4.

Kemudian 392 jemaah Kloter 5, 390 jemaah Kloter 6,391 jemaah Kloter 7, 391 jemaah Kloter 8, 391 jemaah Kloter 9, 392 jemaah Kloter 10 dan 393 jemaah Kloter 11.

“Dengan tibanya jemaah kloter 11 di Madinah, sudah 4.303 jemaah haji Aceh yang tiba di Arab Saudi,” ujarnya.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya