Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Aceh Barat, Belum Ada Laporan Kerusakan

Guncangan gempa terasa hingga di Banda Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 5,0 mengguncang wilayah pantai barat daya dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, pada Senin (10/7/2023) sekitar pukul 08.19 WIB. 

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin mengatakan, hasil analisis episenter gempa terletak pada koordinat 3,84 derajat Lintang Utara (LU) dan 95,85 derajat Bujur Timur (BT).

“Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 45 kilometer (km) arah barat daya Kota Meulaboh, Aceh, pada kedalaman 57 km,” kata Andi, saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (10/7/2023).

1. Gempa yang terjadi di Aceh Barat termasuk jenis dangkal

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Aceh Barat, Belum Ada Laporan KerusakanIlustrasi gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Andi menjelaskan, berdasarkan hasil analisis BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal. Gempa terjadi akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. 

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun atau oblique normal,” ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Bermagnitudo 5,5 Guncang Kota Banda Aceh

2. Guncangan gempa terasa hingga di Banda Aceh

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Aceh Barat, Belum Ada Laporan KerusakanIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

BMKG mencatat, guncangan gempa dirasakan hingga di Kota Banda Aceh, Kabupaten Pidie, dan Kabupaten Aceh Tengah dengan skala intensitas II Modified Mercally Intensity (MMI). Sementara II hingga III MMI dirasa di Calang, Kabupaten Aceh Jaya dan Meulaboh.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” jelas Andi.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” imbuhnya.

3. Belum ada gempa susulan, masyarakat diminta tetap waspada

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Aceh Barat, Belum Ada Laporan KerusakanIlustrasi gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara itu, hasil monitoring BMKG belum ada menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock. Meski demikian, kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat disampaikan Andi, juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa.

“Ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” imbaunya.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Banda Aceh, Warga Sebut Guncangan Sekitar 7 Detik

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya