Akibat Hujan Deras, 12 Kecamatan di Aceh Tamiang Dilanda Banjir

Status tanggap darurat dikeluarkan, bantuan telah disalur

Aceh Tamiang, IDN Times - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Aceh Tamiang sejak Minggu, 30 Oktober 2022 mengakibatkan 12 kecamatan dilanda banjir.

"Total desa yang terendam banjir 102 kampung," kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Tamiang, Agusliayana Devita, saat dikonfirmasi, pada Kamis (3/11/2022).

1. Lokasi pengungsi tersebar di 63 titik

Akibat Hujan Deras, 12 Kecamatan di Aceh Tamiang Dilanda BanjirBanjir landa Kabupaten Aceh Tamiang. (Dokumentasi Pemkab Aceh Tamiang untuk IDN Times)

Data terbaru sebaran wilayah yang terkena dampak banjir dikatakan Agusliayana,  terakhir diterima, pada Kamis, sekitar pukul 15.00 WIB.

Di Kecamatan Bandar Pusaka 11 desa, Kecamatan Tamiang Hulu lima desa terkena dan satu terisolir, Kecamatan Sekerak delapan desa, dan Kecamatan Karang Baru 17 desa.

Lalu Kecamatan Manyak Payed satu desa, Kecamatan Seruway sembilan desa, Kecamatan Kejuruan Muda tujuh desa, serta Kecamatan Bendahara 22 desa.

Kemudian Kecamatan Rantau delapan desa, Kecamatan Banda Mulia enam desa, Kecamatan Tenggulun empat desa, dan Kecamatan Kota Kualasimpang empat desa.

"Total titik posko 63 titik dan jumlah warga 2.289 kepala keluarga," sebut Agusliayana.

Baca Juga: Banjir Bandang di Aceh Tenggara, Dua Warga Meninggal Dunia

2. Bupati keluarkan status tanggap banjir dan bantuan telah disalurkan

Akibat Hujan Deras, 12 Kecamatan di Aceh Tamiang Dilanda BanjirBanjir landa Kabupaten Aceh Tamiang. (Dokumentasi Polres Aceh Tamiang untuk IDN Times)

Sehubungan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dikatakan Agusliayana, juga telah menetapkan status tanggap darurat penanganan bencana alam banjir.

Surat penetapan dengan Nomor 45/1140 tersebut telah dikeluarkan 31 Oktober 2022 lalu atau sejak banjir pertama kali melanda kawasan itu.

3. Bantuan tanggap darurat sudah disalurkan

Akibat Hujan Deras, 12 Kecamatan di Aceh Tamiang Dilanda BanjirBanjir landa Kabupaten Aceh Tamiang. (Dokumentasi Pemkab Aceh Tamiang untuk IDN Times)

Sementara, bantuan tanggap darurat dikatakan Juru Bicara Pemerintah Aceh Tamiang, telah disalurkan ke titik-titik posko pengungsian.

"Untuk bantuan tanggap darurat sudah disalurkan oleh Pemerintah Aceh Tamiang melalui camat selanjutnya menyerahkan ke titik-titik posko pengungsi," akuinya.

"Harapannya masyarakat tetap waspada tapi tidak panik, dan sama-sama berdoa agar musibah banjir ini segera berakhir," imbuh Agusliayana.

Baca Juga: Tahanan Polres Aceh Barat Daya Kabur Ketika Dirawat di Rumah Sakit

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya