Catat, Ini 7 Tanggal Penting Penerimaan Mahasiswa Baru 2019

Calon mahasiswa baru wajib tahu nih

Jakarta, IDN Times - Bagi siswa-siswi kelas 3 SMA, awal tahun sama dengan memasuki masa sibuk persiapan Ujian Nasional dan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Untuk tahun 2019 ini ada peraturan baru lho, pasti sudah pada tahu kan?

Kalau di tahun-tahun sebelumnya calon mahasiswa baru memilih perguruan tinggi terlebih dahulu baru mengikuti tes, kini dilaksanakan sebaliknya. Tes serentak berbasis komputer dilakukan terlebih dahulu, baru hasilnya digunakan untuk mendaftar ke kampus idaman.

Biar persiapanmu lebih matang, catat yuk tujuh tanggal penting dalam rangkaian penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 ini!

1. [SNMPTN] Pengisian dan Verifikasi PDSS : 4 – 25 Januari 2019

Catat, Ini 7 Tanggal Penting Penerimaan Mahasiswa Baru 2019bimbelsbmptn.com

Penerimaan mahasiswa baru tetap dibagi menjadi dua jalur yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Untuk SNMPTN bermodalkan nilai rapor, sistem ini dulu disebut jalur undangan. Siswa berprestasi di sekolah masing-masing punya peluang besar lolos jalur ini.

Pengisian dan verifikasi PDSS sudah mulai dibuka pada Kamis (4/1) ini lho. PDSS adalah Pangkalan Data Sekolah dan Siswa yang berisi nilai rapor dan catatan prestasi mulai dari kelas 1 SMA. Yuk, segera siapkan dan lengkapi semua berkasnya!

2. [SNMPTN] Pendaftaran : 4 – 14 Februari 2019

Catat, Ini 7 Tanggal Penting Penerimaan Mahasiswa Baru 2019Unsplash/Adi Rahman

Setelah PDSS terisi lengkap, kamu punya waktu sekitar sebulan sampai masa pendaftaran dibuka pada tanggal 4 – 14 Februari 2019. Seleksi jalur ini benar-benar tanpa tes, mengandalkan prestasi akademikmu selama tiga tahun belajar di SMA.

3. [SNMPTN] Pengumuman : 23 Maret 2019

Catat, Ini 7 Tanggal Penting Penerimaan Mahasiswa Baru 2019Pexels/Fox

Pengumuman SNMPTN diselenggarakan pada tanggal 23 Maret 2019 secara online. Siap-siap berdebar di depan layar ya!

4. [SBMPTN] Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) : 30 Maret – 26 Mei 2019

Catat, Ini 7 Tanggal Penting Penerimaan Mahasiswa Baru 2019unsplash/Studio Republic

Jangan kecewa dan bersedih jika kamu gagal lolos SNMPTN 2019. Masih ada satu jalur lagi yaitu SBMPTN yang diawali dengan ujian tes serentak se-Indonesia.

Sistem ini yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk memudahkan para calon mahasiswa dan bisa menjangkau lebih banyak peserta, tes dilakukan berbasis komputer tiap Sabtu dan Minggu pada tanggal 30 Maret – 26 Mei 2019.

Tapi bukan berarti kamu bisa bebas mengikuti tes. Tiap peserta hanya boleh melakukan dua kali tes saja. Jadi kalau merasa kurang maksimal di tes pertama, silakan tingkatkan di tes kedua.

Baca Juga: 6 Keuntungan Menjadi Relawan Ini Bakal Kamu Dapat Saat Kuliah

5. [SBMPTN] Pengumuman Hasil UTBK : 10 April – 2 Juni 2019

Catat, Ini 7 Tanggal Penting Penerimaan Mahasiswa Baru 2019University of South Carolina

Karena banyaknya jumlah peserta dan tes terbagi menjadi beberapa gelombang, pengumuman hasil UTBK dilaksanakan secara berkala pada tanggal 10 April – 2 Juni 2019.

Kalau hasil tes sudah keluar, silakan mengamati passing grade jurusan dan kampus yang kamu kehendaki. Kira-kira cukup gak nih?

6. [SBMPTN] Pendaftaran : 10 – 24 Juni 2019

Catat, Ini 7 Tanggal Penting Penerimaan Mahasiswa Baru 2019instagram/ashybaby87

Jika hasil UTBK-mu cukup untuk mendaftar di jurusan dan kampus impian, prosesnya tentu lebih mudah. Tapi kalau ternyata gak cukup, kamu masih punya waktu mendaftar ke kampus lain yang sesuai dengan hasil UTBK-mu.

Nah, proses pendaftaran SBMPTN ini berlangsung selama dua minggu pada tanggal 10 – 24 Juni 2019.

7. [SBMPTN] Pengumuman : 9 Juli 2019

Catat, Ini 7 Tanggal Penting Penerimaan Mahasiswa Baru 2019pixabay/sasint

Tahap akhir dari rangkaian seleksi penerimaan mahasiswa baru ada di tanggal 9 Juli 2019, bertepatan dengan pengumuman hasil SBMPTN.

Tandai kalendarmu mulai dari sekarang ya. Selamat mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi!

Baca Juga: 6 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Kuliah, Tunggu Apa Lagi?

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya