Comscore Tracker

Galau dalam Mengambil Keputusan? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Kita akan selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan

Medan, IDN Times - Dalam hidup, kita akan selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan. Bahkan terkadang pilihan membuat kita menjadi bingung sampai putus asa. Karena itu kita sering kali cemas dan merasa khawatir akan jalan yang harus kita pilih, keputusan apa yang harus diambil sampai bisakah kita percaya terhadap suatu hal atau kepada seseorang. 

Berbagai pikiran tersebut mungkin pernah atau bahkan sering kamu alami, tapi jangan terlalu khawatir ya. Berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan!

1. Pahami dirimu sendiri, berhenti memikirkan apa kata orang lain

Galau dalam Mengambil Keputusan? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukanunsplash.com/verne ho

Berhenti khawatir dengan pendapat orang lain tentang kita, apalagi sampai kita tidak dapat melakukan hal yang kita suka. Jika kamu masih saja mempedulikan apa kata orang lain, berarti kamu belum bisa memahami dirimu sendiri, karena jika kamu sangat memahami dirimu sendiri, maka pendapat orang lain tidaklah penting.

2. Menjadi pemilih adalah sebuah hal yang wajar

Galau dalam Mengambil Keputusan? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu LakukanUnsplash.com/Anthony Tran

Sering dinilai terlalu pemilih, terutama dalam mencari pasangan? Atau bahkan dicap sebagai tukang gonta-ganti pasangan? Hidup memang sebuah pilihan, karena itu merupakan hal yang wajar jika membutuhkan waktu dalam menentukan pilihan. 

3. Pilihlah jalan yang memang kamu rasa bisa kamu lewati saat mengambil keputusan

Galau dalam Mengambil Keputusan? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukanunsplash.com

Terkadang kita memilih jalan yang sulit hanya karena kita merasa bahwa untuk meraih hal-hal yang penting kita harus mengambil jalan yang sulit, bahkan kadang kita juga merasa perlu menghukum diri kita sendiri. Sejenak, kita juga perlu menilai diri dengan memilih jalan yang mudah saja.

4. Jangan biarkan masa lalumu mendikte masa kinimu hingga menghancurkan masa depanmu

Galau dalam Mengambil Keputusan? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/Inês Oliveira

Untuk merasa aman, hal pertama yang harus kamu rasakan adalah menghilangkan rasa takut. Takut dibuang, takut sendirian. Kamu sudah membawa rasa takut itu sepanjang hidupmu, beban ini bisa saja berakibat pada hubunganmu, terutama asmaramu. Mungkin kamu pernah meninggalkan orang lain, sebelum mereka meninggalkanmu, karena kamu tidak mau hadapi kepedihan itu lagi. Oleh karena itu kenapa tidak kamu tinggalkan saja ketakutan itu untuk selamanya?

5. Selesaikan masalahmu dengan bantuan orang-orang di sekitarmu

Galau dalam Mengambil Keputusan? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukanpexels.com/andrew neel

Hidup bagaikan potongan teka-teki, orang-orang disekitarmu mungkin saja bisa membantu mencarikan potongan yang hilang dan memasangnya kembali, tapi hanya kamu saja yang bisa menyelesaikan teka-tekinya. Hadapi setiap hal yang datang di hidupmu, jangan bersembunyi atau bahkan menyalahkan orang lain.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya