Comscore Tracker

8 Cara Mudah untuk Tetap Tenang saat Menghadapi Masalah

Keep calm ya guys!

Semua orang pernah pasti pernah mengalami atau menghadapi situasi yang membuat gusar, cemas bahkan panik. Saat diri dilanda panik, orang cenderung bertindak  spontan tanpa didasari oleh logika. Kepanikan dan kecemasan juga tak baik untuk kesehatan karena memengaruhi perasaan dan mental seseorang.

Jika dalam situasi yang kurang baik kamu terus-terusan membiarkan dirimu dikuasai kecemasan dan kepanikan, hal itu akan berakibat buruk bagimu. Tidak hanya berisiko merusak kesehatan dalam jangka panjang tapi juga memengaruhi kehidupan sosial kamu.

Untuk itu, ada baiknya kamu mencoba untuk berusaha tetap tenang dalam situasi yang membuat tertekan. Ada beberapa cara yang dapat kamu coba. Seperti delapan cara berikut ini:

1. Cari udara segar

8 Cara Mudah untuk Tetap Tenang saat Menghadapi Masalahilustrasi menghirup udara di luar (Pexels.com/ Kelvin Valerio)

Jika kamu sedang berada di dalam ruangan, cobalah untuk keluar. Suhu ruangan dan juga sirkulasi dalam ruangan turut memengaruhi peningkatan kecemasan dan juga amarah .

Apalagi jika ruangan terasa panas dan sesak, kamu cenderung merasa lebih tertekan dan hal ini bisa memicu rasa panik. Segeralah pergi dari situasi itu dan keluarlah walau hanya sebentar. Tarik napas dalam dan hiruplah udara segar

2. Dengarkan musik

8 Cara Mudah untuk Tetap Tenang saat Menghadapi Masalahilustrasi mendengar musik (Pexels.Com/Andrea Piacquadio)

Kamu bisa mencoba mendengarkan musik untuk meredakan kecemasan dan kegelisahan kamu. Pilihlah musik yang kamu sukai dan cobalah menikmatinya.

Alunan musik dapat membantu kamu dalam proses relaksasi. Dan perasaan bahagia saat mendengarkannya akan sangat membantumu menjadi tenang. Kamu bisa memilih mendengarkan langsung atau menggunakan headphone, tergantung situasi dan kondisi di sekelilingmu.

3. Bergerak

8 Cara Mudah untuk Tetap Tenang saat Menghadapi Masalahilustrasi orang menari (Pexels.com/ Polina Tankilevitch)

Menggerakkan tubuh bisa mengalihkan pikiran kamu dari masalah yang membuatmu stres dan tidak tenang.  Ketika tubuh menjadi aktif maka hal itu dapat  meningkatkan mood kamu menjadi lebih baik.

Ada banyak pilihan yang dapat kamu coba untuk membuat tubuh kamu aktif bergerak. Kamu bisa melakukan latihan tubuh yang ringan atau bahkan sekedar menari dalam ruangan. Yang penting tubuh kamu bergerak dan kamu senang melakukannya. Ingatlah untuk tidak memaksakan diri. Kamu harus bisa menyesuaikan aktivitas yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan tubuh kamu.

4. Bicarakan dengan orang yang tepat

8 Cara Mudah untuk Tetap Tenang saat Menghadapi Masalahilustrasi berbicara (Pexels.com/ Shvets Production)

Mengungkapkan perasaan dapat membantu mengurangi tekanan dan ketegangan yang kamu rasakan. Kamu bisa membicarakan apa yang menjadi kekhawatiranmu kepada orang yang kamu percayai.

Penting untuk memilih orang yang tepat saat kamu memutuskan akan membicarakan perasaan dan kegelisahan kamu. Jangan sampai niat  kamu untuk menjadi lebih tenang justru menimbulkan masalah baru karena kamu bercerita kepada orang yang kurang tepat dan masalah kamu menjadi bahan gosip.

Pastikan orang itu adalah orang yang dapat kamu percaya. Seperti sahabat atau keluarga terdekatmu

Baca Juga: 5 Mindset Penting yang Harus Ditanamkan di Usia 20-an Tahun

5.Tulislah

8 Cara Mudah untuk Tetap Tenang saat Menghadapi Masalahilustrasi orang menulis (Pexels.com/ Katya Wolf)

Saat sedang menghadapi situasi yang membuat kamu cemas dan gelisah, kamu cenderung tak bisa berkonsentrasi dalam segala aktivitas kamu. Hal ini karena kepala kamu dipenuhi oleh berbagai kekhawatiran dan segala skenario buruk yang menurutmu akan terjadi.

Kamu perlu mengungkapkan kecemasan kamu ini. Jika kamu tak siap menceritakannya kepada orang lain, kamu bisa menuliskannya. Dengan menuliskan kecemasan dan kekhawatiran kamu, kamu telah mengurangi beban pikiran dan perasaan lega yang kamu dapatkan akan membantumu menjadi lebih tenang.

6. Makan

8 Cara Mudah untuk Tetap Tenang saat Menghadapi Masalahilustrasi makanan (Pexels,com/Vo Thuy Tien)

Kalau perutmu kosong, kamu akan lebih mudah cemas. Apalagi dalam kondisi kurang minum yang berisiko mengalami dehidrasi. Tubuh akan sulit  diajak berkompromi untuk melakukan relaksasi apapun.

Karenanya jangan biarkan kondisi lapar dan haus berkepanjangan. Ambillah makanan walau sekedar camilan seperti cokelat dan minuman green tea. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengurangi ketegangan dan kembali tenang. Jangan lupa untuk tetap mengusahakan untuk memilih makanan sehat agar lebih bermanfaat bagi tubuh.

7. Mengunyah permen karet

8 Cara Mudah untuk Tetap Tenang saat Menghadapi Masalahilustrasi permen karet (Pexels.com/ Karolina Grabowska)

Kalau kamu ingin menghalau kecemasan kamu dengan cepat, cobalah untuk mengunyah permen karet. Kamu bisa memilih permen karet dengan rasa favoritmu.

Mengunyah permen karet dipercaya dapat mengurangi kecemasan dan memperbaiki mood kamu. Hal ini akan bermanfaat dalam peningkatan produktivitas dan membuat kamu tak terlalu stres dan membantumu kembali tenang.

8. Bermain dengan hewan peliharaan

8 Cara Mudah untuk Tetap Tenang saat Menghadapi Masalahilustrasi hewan peliharaan (Pexels.com/ Dids)

Interaksi dengan hewan peliharaan kesayangan kamu memiliki banyak manfaat. Hewan peliharaan dapat membantu menurunkan tingkat stress dan juga menurunkan tekanan darah.

Hewan peliharaan dapat membuat kamu merasa tidak sendirian dan  membuat mood kamu lebih baik. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengatasi kegelisahan kamu agar tidak berubah menjadi panik. Kamu pun dapat lebih cepat merasa tenang.

Delapan  cara di atas dapat kamu coba untuk mengatasi ketegangan, kecemasan dan kegelisahan kamu. Kamu bisa memilih yang mana yang paling sesuai dan paling mungkin kamu lakukan  saat situasi buruk datang.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu kamu untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi yang kurang ideal. Dan jika kamu merasa tak mampu mengatasinya lagi, sebaiknya kamu segera mencari bantuan ahli agar dapat didiagnosa dan ditangani dengan lebih tepat.

Baca Juga: 5 Jurus Jitu Keluar dari Jebakan Fixed Mindset, Asah Potensimu! 

Dream Praire Photo Community Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya