Comscore Tracker

Periksa Hati, 5 Racun Jiwa Ini Menyebabkan Kamu Sulit Bahagia

Segera hindari ya,Guys!

Medan, IDN Times - Perbedaan manusia dan makhluk hidup lainnya adalah naluri dan emosi. Hanya manusia yang memiliki kedua hal itu. Bahkan emosi itu pulalah yang mendominasi seluruh hidup manusia setiap waktu.

Nah, untuk mencapai hidup yang tenang dan damai tentunya kita perlu mengelola emosi dengan baik. Berikut 5 hal yang perlu kamu hindari untuk mendapatkan ketenangan hidup!

1. Dikuasai rasa khawatir

Periksa Hati, 5 Racun Jiwa Ini Menyebabkan Kamu Sulit Bahagiaunsplash.com/@joshrh19

Kekhawatiran pasti dirasakan semua orang tanpa pandang waktu. Yang umum dirasakan adalah ketakutan akan kehilangan atau saat kenyamanan ditarik darinya. Rasa khawatir yang ada dipikiran, tanpa sadar akan menurunkan rasa percaya diri dan kehilangan harapan pada dirimu. Untuk menyikapi hal itu, perbanyak berdoa dan tetap berusaha untuk menjalani apapun yang sedang kamu perjuangkan.

Baca Juga: Sakit Hati? Lakukan 5 Hal Ini untuk Melupakannya

2. Mudah merasa sedih

Periksa Hati, 5 Racun Jiwa Ini Menyebabkan Kamu Sulit BahagiaPexels/Karyme

Sama seperti rasa khawatir, rasa sedih juga sangat sering datang secara tiba-tiba. Saat kamu merasa dikhianati, galau atau mengingat suatu momen di masa lalu, kesedihan biasanya menyerang di dada. Tetapi, jika kamu sering merasa sedih tanpa alasan tertentu, coba periksa hatimu sendiri dan jangan sering baper! 

3. Tidak bisa mengontrol kemarahan

Periksa Hati, 5 Racun Jiwa Ini Menyebabkan Kamu Sulit Bahagiaunsplash/CasperNichols

Saat suatu hal berjalan tak sesuai dengan standar kita, rasa marah akan membara di dada. Padahal kemarahan merupakan emosi terburuk dalam hidup kita.

Respon seseorang terhadap amarah sangat mempengaruhi kedamaian hatinya. Kelola rasa marahmu, karena tak ada hal baik yang terjadi setelah kemarahan, yang ada hanya penyesalan usai amarah.

4. Merasa diri paling menderita

Periksa Hati, 5 Racun Jiwa Ini Menyebabkan Kamu Sulit Bahagiaunsplash.com/Asdrubal luna

Setiap orang punya masalah dalam hidup yang berbeda-beda tingkat kesulitannya. Ada yang ditunjukkan ke orang-orang dan ada pula yang memendam sendiri. Untuk itu, jadikan msalah yang kamu hadapi sebagai batu loncatan memulai hal baru dan menghindari kesalahan yang lalu. Jangan terjebak dikesalahan yang sama ya, guys!

5. Dihantui ketakutan

Periksa Hati, 5 Racun Jiwa Ini Menyebabkan Kamu Sulit Bahagiawww.pexels.com/ Lucas Dutra

Rasa takut yang muncul tanpa alasan juga bisa menjadi racun jiwa dalam dirimu. Terkadang jika hal ini datang tanpa mengetahui akar penyebab ketakutanmu, kamu akan kesulitan menghadapinya. Untuk menghindari hal ini, berkomitmen dan mintalah bantuan pada orang terdekatmu untuk bicara dari hati ke hati agar bisa membantumu untuk melepaskan diri dari ketakutan-ketakutan tersebut.

Baca Juga: Jadi Single Parent Mandiri, Intan Hardja Kini Berbisnis Laundry

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya