Comscore Tracker

Kisah Irwan, Lamar Kerja 4 Tahun Lalu tapi Baru Dipanggil Sekarang 

Kok bisa ya?

Medan, IDN Times - Melamar pekerjaan baru usai berhenti dari pekerjaan sebelumnya adalah hal lumrah dilakukan sejumlah orang. Begitu juga yang dilakukan Irwan Siregar (32). Ia melamar kerjaan empat tahun lalu di sebuah kantor notaris di Kota Medan usai berhenti dari kerjaan sebagai jurnalis di salah satu media nasional.

Namun, saat itu dirinya tak kunjung dipanggil untuk mengikuti proses selanjutnya. Tapi siapa sangka? setelah menunggu empat tahun, ia baru saja dipanggil untuk melakukan interview di kantor tersebut.

"Kemarin itu ditelpon sama kantor notaris, dia tanya 'masih berminat kerja?'. Tapi dia masih berada di luar kota saat telepon itu," ujarnya kepada IDN Times saat ditemui di rumahnya, Rabu (23/6/2021).

1. Surat lamaran dikirim ke sejumlah kantor notaris di Medan setelah berhenti menjadi jurnalis di salah satu media pada 2017 lalu

Kisah Irwan, Lamar Kerja 4 Tahun Lalu tapi Baru Dipanggil Sekarang Unsplash.com/Pricilladupreez

Ia bercerita, surat lamaran dikirim ke sejumlah kantor notaris di Medan setelah berhenti menjadi jurnalis di salah satu media pada 2017 lalu. Saat itu, ia memang berkeinginan bekerja di kantor notaris karena sesuai jurusan yang diambil sebelumnya. Ia merupakan lulusan Sarjana Hukum, kemudian melanjutkan program studi Magister Kenotariatan.

"Saya kan jurusannya memang ambil program studi Magister Kenotariatan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, lulus 2018 lalu," kata Irwan. 

"Kemarin ditelpon merasa lucu. Eh, lamar pekerjaan empat tahun lalu, baru dipanggil sekarang, kemarin kemana aja berkas saya itu. Apa memang langsung dimasukan ke brankas atau gimana. Saya gak kenal sama notarisnya, saya antar sama pegawainya saat itu," tuturnya seraya tertawa.

Baca Juga: Cerita Pecinta Mobil Offroad Lawas di Medan, Anggap Kekasih Sendiri

2. Irwan berpengalaman dalam industri media selama lima tahun

Kisah Irwan, Lamar Kerja 4 Tahun Lalu tapi Baru Dipanggil Sekarang IDN Times/Masdalena Napitupulu

Irwan berpengalaman dalam industri media selama lima tahun. Ada tiga media cetak sudah dijalaninya. Namun meskipun demikian, katanya, sejak berhenti dari pekerja media empat tahun lalu, dirinya memang sudah tidak berminat melanjutkan kerja di media.

"Saya memang gak mau lagi balik ke media karena memang gak sesuai jurusan saya. Bukan masalah gajinya lebih besar, tapi saya lebih ke ilmunya. Sudah lima tahun di media. Ada teman yang ajak gabung jadi freelance journalist di salah satu stasiun TV, tapi saya gak mau," tuturnya.

3. Selama menunggu panggilan kerja, ia meneruskan usaha sampingan istrinya yaitu jual wallpaper lewat daring

Kisah Irwan, Lamar Kerja 4 Tahun Lalu tapi Baru Dipanggil Sekarang Kerja sama orang ada masanya.seloyalnya kita sama perusahaan tetap ada masanya.

Kata Irwan, selama menunggu panggilan kerja, ia meneruskan usaha sampingan istrinya yaitu jual wallpaper lewat daring. "Sebenarnya ini usaha istri dulu dan istri kan guru. Saya melanjutkan saja," ujarnya. 

"Awalnya kan hanya via online, ternyata makin banyak yang beli. Sejak itu jadi kepikiran buka toko, jadi barangnya langsung ready. Usaha ini lebih banyak pendapatannya dibanding kerja yang lalu hehehe," sambung Irwan. 

4. Menanggapi panggilan kerja yang didapatnya beberapa hari lalu. Irwan berencana akan mengambil peluang tersebut

Kisah Irwan, Lamar Kerja 4 Tahun Lalu tapi Baru Dipanggil Sekarang IDN Times/Masdalena Napitupulu

Menanggapi panggilan kerja yang didapatnya beberapa hari lalu. Irwan berencana akan mengambil peluang tersebut.

"Rencana saya akan ambil peluang itu kalau melihat ritme kerjanya gak mengganggu kegiatan di luar. Seperti usaha yang dijalani saat ini. Kalau usaha ini kan mudah dilakukan, kalau ada pesanan langsung di-packing dan dikirimkan," ucapnya. 

Baca Juga: COVID-19 Meroket di Sumut, Lockdown Jadi Opsi Terakhir

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya