Comscore Tracker

Melihat Kembali Sejarah Rumah Dinas Wali Kota Medan

Sudah dibangun dari zaman penjajahan Belanda

Kota Medan kaya akan bangunan sejarah yang menarik dikunjungi. Tak hanya menarik, juga kaya akan nilai sejarah. Dari sekian banyak bangunan heritage, rumah dinas Wali Kota Medan salah satu bangunan bersejarah di kota Medan yang menarik untuk dibahas.

Kini rumah ini ditempati Bobby Nasution, menantu Presiden Joko Widodo yang baru saja dilantik jadi Wlai Kota Medan. Rumah dinas Wali Kota Medan memiliki nilai sejarah yang belum banyak diketahui masyarakat kota Medan. Apa saja hal menarik yang dimiliki oleh bangunan ini?

1. Sudah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda

Melihat Kembali Sejarah Rumah Dinas Wali Kota Medanid.foursquare.com/Pipin Nugraha S.

Ternyata, bangunan ini sudah dibangun dari zaman penjajahan Belanda! Hal ini bisa dilihat dari desain bangunannya yang ada sentuhan khas Eropa. Selain itu, bentuk bangunannya yang khas bangunan Eropa kuno membuatnya semakin menarik.

Bangunan ini juga menjadi saksi sejarah di kota Medan, Saat Pertempuran Medan Area, bangunan ini menjadi bagian penting saat peristiwa tersebut. Tidak heran jika bangunan ini terus dirawat hingga menjadi rumah dinas Wali Kota Medan.

2. Ukuran bangunannya besar dan luas

Melihat Kembali Sejarah Rumah Dinas Wali Kota Medancagarbudaya.kemendikbud.go.id

Rumah dinas Wali Kota Medan ini memiliki bangunan yang besar dan luas. Ukurannya inilah yang bisa mengakomodir segala kegiatan Wali Kota Medan. Walaupun hanya memiliki satu lantai, bangunanya yang luas dan lapang membuatnya semakin indah.

Bangunan ini semakin sejuk dengan ditambah berbagai tanaman. Berbagai tanaman ini berada di segala sudut bangunan dan juga halaman pekarangannya. Rumah dinas Wali Kota Medan juga dilengkapi dengan pendopo. Bagian ini berguna untuk tempat bersantai atau menerima tamu saat perjamuan.

Baca Juga: Mantu Jokowi Bongkar Bangunan Ilegal di Kawasan Heritage Medan

3. Lokasi bangunannya strategis

Melihat Kembali Sejarah Rumah Dinas Wali Kota MedanSuasana pertemuan Tim Penggerak PKK di Rumah Dinas Wali Kota Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Rumah dinas Wali Kota Medan memiliki lokasi yang strategis. Lokasinya berada diJl. Jenderal Sudirman No.35, J A T I, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatra Utara 20151. Lokasi yang stategis inilah yang membuatnya lebih mudah dikenali dan diakeses.

Selain itu, bangunannya juga berada di pusat kota dan lebih mudah untuk ke pusat pemerintahan. Rumah dinas Wali Kota Medan dekat dengan kantor Gubernur Sumut, DPRD, hingga kantor Wali Kota Medan.

4. Menjadi salah satu cagar budaya

Melihat Kembali Sejarah Rumah Dinas Wali Kota Medanartikel.rumah.123.com

Karena memiliki nilai sejarah yang tinggi, rumah dinas Wali Kota Medan menjadi cagar budaya dilindungi. Hal ini sudah diakui oleh  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dilansir dari situs daring cagar budaya Kemendikbud, bangunan ini terdaftar dalam bangunan cagar budaya berdasarkan SK Menteri No. PM.01/PW.007/MKP/2010.

Selain kaya dengan nilai sejarah, bangunan ini terus dirawat agar semakin indah dan megah. Tidak heran jika bangunan ini menjadi salah satu cagar budaya kota Medan yang dijaga dengan baik. 

Ituluah fakta menarik mengenai rumah dinas Wali Kota Medan. Bangunannya ini tetap menjadi bagian dari sejarah kota Medan. Semoga tetap terus menjaga nilai sejarah dari bangunan ini.

Baca Juga: Kahiyang Ayu Pimpin Pertemuan Perdana TP PKK Medan di Rumah Dinas

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya