Comscore Tracker

4 Bahaya Menggunakan Antibiotik Tanpa Resep Dokter

Jangan sembarangan minum antibiotik!

Medan, IDN Times - Untuk segala jenis pengobatan, dokter selalu meresepkan antibiotik. Mulai dari penyakit demam hingga yang parah sekalipun. Biasanya untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan infeksi bakteri. 

Apalagi kondisi imun tubuh yang lemah membutuhkan antibiotik. Misalnya pengidap HIV atau kanker. Dilansir dari Halodoc, dokter punya pertimbangan tertentu untuk meresepkan antibiotik. Jadi gak sembarangan diminum saat tubuh gak enak badan. 

Beberapa pertimbangan mulai dari kondisi medis pengidap, jenis antibiotik yang hendak diresepkan, jenis bakteri yang menjadi penyebab infeksi, hingga dosis dan durasi konsumsinya. Nah, ini beberapa dampak penggunaan antibiotik tanpa resep atau anjuran dokter.

1. Memengaruhi kerja otak

4 Bahaya Menggunakan Antibiotik Tanpa Resep DokterPixabay

Antibiotik memang efektif untuk mematikan bakteri karena memang efeknya keras. Tapi menggunakan antibiotik tanpa resep dari dokter jika berlebihan bisa memengaruhi kinerja otak. Salah satunya terjadinya kecemasan berlebihan hingga depresi.

2. Masalah pada usus

4 Bahaya Menggunakan Antibiotik Tanpa Resep Dokterzpravodajstvi24.cz

Meski memang tujuannya untuk memusnahkan bakteri, tapi gak semua bakteri dalam tubuh harus dibuang. Soalnya ada beberapa bakteri baik dalam tubuh. Jika berlebihan bakteri itu bisa ikut musnah.

Bahkan bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah pada usus, misalnya penyakit Crohn, iritasi pada pencernaan, dan kolitis ulseratif.

Baca Juga: Kenali 5 Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Bayi Baru Lahir

3. Kenaikan berat badan dan diabetes

4 Bahaya Menggunakan Antibiotik Tanpa Resep DokterMenimbang berat badan (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Selain itu harus mewaspadai penggunaan antibiotik pada anak. Efek jangka panjangnya bisa berhubungan dengan masalah diabetes tipe 2.

Apalagi untuk orang yang dalam kondisi kegemukan atau obesitas. Mereka berisiko lebih tinggi mengalami diabetes tipe 2 jika mengonsumsi antibiotik berlebihan.

4. Awas resistensi atau kekebalan terhadap obat

4 Bahaya Menggunakan Antibiotik Tanpa Resep Dokterilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Terjadinya resistensi antibiotik atau kebal juga bisa terjadi saat kamu mengonsumsi antibiotik dalam dosis yang tidak sesuai dengan anjuran dokter. Jadi, pastikan kamu tidak mengonsumsi obat ini tanpa resep ya. Dokter tentu lebih mengetahui jenis dan takaran obat sesuai dengan kondisimu.

Baca Juga: Nikmatnya Durian Bakar, Ini 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya