Comscore Tracker

Tahun 2022, BRI Gelontorkan Rp3 Triliun untuk Membantu UMKM di Medan

BRI ingin menjangkau 30 ribu pengusaha UMKM

Medan, IDN Times – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berkomitmen mendukung penuh pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Medan.

Pada tahun 2021, BRI Regional Medan tealh menyalurkan Rp2,7 Triliun untuk pelaku UMKM di Kota Medan. Pada tahun ini, jumlah tersebut akan meningkat menjadi Rp3 triliun.

Jumlah ini di luar bantuan untuk ritel dan menengah. Tujuannya semata-mata ingin mendukung kesejahteraan UMKM di Kota Medan.

“Total yang akan kami salurkan Rp3 triliun mencakup 30 ribu pengusaha. Tahun lalu menjangkau sampai 28 ribu pengusaha penerima KUR. Tugas kami tidak akan berhasil tanpa dukungan pemerintah,” kata Regional CEO BRI Kota Medan, Budhi Novianto, Kamis (10/2/2022).

Menurut Budhi, total keseluruhan di Provinsi Sumut akan ada Rp12 Triliun yang digelontorkan untuk UMKM. Hal ini membuktikan komitmen penuh BRI untuk membantu pelaku UMKM bangkit, khususnya di masa pandemic COVID-19.

“Kami (BRI) dengan PNM dan Pegadaian sudah beberapa kali bertemu dengan Pak Wali Kota. Kami menyampaikan akan memberikan sesuatu manfaat yang luas bagi masyarakat, akan senantiasa komit mengembangan program yang sejalan dengan pemerintah. Dari pihak Lembaga keuangan, salah satu program kami mengembangkan usaha UMKM di Kota Medan,” jelasnya.

Selain itu, kata Budhi, ia ingin masyarakat lebih mengenal holding ultra mikro. Yakni BRI berkantor bareng dengan pegadaian dan PNM untuk mempermudah akses keuangan untuk pelaku UMKM. Tahun lalu sudah diresmikan 5 Co-Location. Tahun ini akan dikembangkan di 36 unit lagi.

“Mohon dukungan untuk melaksanakan amanah ini,” tambah Budhi diamini oleh Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan Edwin Soeharto Inkiriwang.

Selain itu belum lama BRI juga melakukan kerja sama dengan Pemko Medan untuk pembayaran cashless e-Parking. Sehingga akan mempermudah para pengendara membayar parker secara resmi dan membantu meningkatkan PAD Kota Medan.

Satu lagi program BRI untuk mendukung pelaku UMKM adalah melakukan sosialisasi tentang Pasar.Id, yaitu e-commerce mitra BRI untuk membeli barang-barang dari pedagang pasar. Cara berbelanjanya juga sangat mudah, seperti e-commerce pada umumnya.

Baca Juga: BRI Serahkan Bantuan Sarana dan Prasarana untuk 38 Pasar di Medan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya