Comscore Tracker

Produksi Minim, Sumut Harus Datangkan Bawang Merah dari Brebes

Harga sampai saat ini masih stabil

Medan, IDN Times -  Produksi bawang merah di Sumatera Utara lesu. Jumlahnya hanya 40 persen dari angka produksi.

Sumut pun harus mendatangkan bawang merah asal Brebes. Namun begitu harganya tetap stabil.

1. Pasokan di Brebes juga berkurang karena kemarau

Produksi Minim, Sumut Harus Datangkan Bawang Merah dari BrebesKlaster bawang merah binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal, berhasil memproduksi pasta bawang dan mengekspor ke Arab Saudi. IDN Times/Haikal Adithya

Kemarau berkepanjangan yang terjadi di Pulau Jawa juga berimbas pada ketersediaan bawang merah. Pasokan bawang merah dari sana juga menurun.

"Selebihnya kita masukkan dari Brebes. Sebenarnya (itu wajar), kalau semuanya dari kita, tidak ada yang disebut perdagangan," katanya. 

Baca Juga: Natal Perdana di Sumut, Kapolda Martuani Sormin ke Gereja Lau Dendang

2. Bawang merah bisa dialihkan ke bawang bombay

Produksi Minim, Sumut Harus Datangkan Bawang Merah dari BrebesBawang merah. IDN Times / Auriga Agustina

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara Zoni Waldi tidak merinci angka stok dan juga kekurangannya di Sumut. Namun demikian, menurutnya, bawang merah adalah salah satu komoditas yang bisa disubtitusi dengan bawang putih ataupun bawang bombayi. 

"Kalau kurang, kita datangkan dari Brebes, Jawa Tengah. Tapi kan di sana kondisinya, cuacanya sedang kemarau kemarin. Jadi produksinya menurun. Ini baru ini saja, tahun lalu tidak," katanya. 

3. Ternyata menanam bawang merah bisa dilakukan di rumah

Produksi Minim, Sumut Harus Datangkan Bawang Merah dari BrebesStok bawang merah dan putih dipastikan aman (IDN Times/Rangga Erfizal)

Ternyata menanam bawang merah tidaklah sulit. Jika hanya untuk kebutuhan rumah tangga, warga bisa menanamnya di rumah.

Seperti yang dilakukan Mak Pak Kim, warga Jalan Masjid, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. Dia memanfaatkan pekarangan di lantai lima rumahnya untuk menanam bawang.

Penanaman bawang merah menggunakan media tanam polibag. Dalam 1x1 meter2, dia bisa menghasilkan 3 kg bawang merah setiap kali panen.

"Nanam bawang merah ini tidak susah. Asal mau saja. Ini saya di lantai lima, pake polybag. Hanya 2-3 bulan saja, sudah panen," katanya. 

Baca Juga: Sidak ke Pasar Jelang Nataru, Kapolda Beri Warning Kepada Spekulan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya