Comscore Tracker

Gelar Jumat Berkah, Dinas TPH Sumut Jual Komoditas Harga Murah

Pasar murah dibuka mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Medan, IDN Times- Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut menggelar kegiatan pasar murah bertajuk Jumat Berkah. Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya fluktuasi harga komoditas pangan di tengah masyarakat. 

Kegiatan ini sudah dimulai sejak dua pekan lalu dan akan digelar hingga akhir tahun.

1. Komoditas pertanian dijual di bawah harga pasar

Gelar Jumat Berkah, Dinas TPH Sumut Jual Komoditas Harga Murahcabai merah (pexels.com/Artem Beliaikin)

Plt Kepala Dinas TPH Sumut, Lusyantini mengatakan beragam komoditas pertanian, seperti cabai merah, bawang merah, tomat, bahkan beras dijual dengan harga di bawah pasar setiap hari Jumat. Barang-barang tersebut dijual di Outlet Oryza yang berada di halaman depan kantor institusi tersebut, kawasan Jalan AH Nasution Medan.

“Ini salah satu tanggung jawab moral kita untuk membantu masyarakat mendapatkan harga komoditas pertanian yang terjangkau, sekaligus membantu para petani memasarkan langsung hasil panennya,” ungkapnya, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Dinas TPH Sumut Distribusikan Bantuan Bibit Cabai Merah di 7 Kabupaten

2. Puluhan kilogram komoditas pertanian dipasarkan

Gelar Jumat Berkah, Dinas TPH Sumut Jual Komoditas Harga Murahilustrasi tomat (pixabay.com/congerdesign)

Lusyantini mengaku pasar murah tersebut telah berlangsung selama dua pekan dan mendapat atensi dari masyarakat sekitar kawasan Gedung Johor Medan.

"Puluhan kilogram komoditas pertanian yang dipajang petani dari kawasan Kecamatan STM Hulu dan STM Hilir Kabupaten Deliserdang, ludes dibeli konsumen," katanya. 

Pasar murah dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, tapi habis sekitar pukul 15.00 WIB. 

3. Melibatkan para petani di sekitar wilayah Kota Medan

Gelar Jumat Berkah, Dinas TPH Sumut Jual Komoditas Harga MurahANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Kepala Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Lambok Turnip, meyebutkan kegiatan tersebut melibatkan para petani di sekitar wilayah Kota Medan. Hal ini mengingat, biaya transportasi yang dikeluarkan para petani di sekitar Kota Medan relatif lebih sedikit.

“Ini akan memengaruhi harga jual komoditas pertanian yang dipajang karena biaya transportnya mahal bila jaraknya jauh dari Kota Medan,” tuturnya.

Untuk itu, ia berharap upaya yang dilakukan Dinas TPH Sumut ini mampu meringankan beban hidup masyarakat, utamanya dalam pengeluaran belanja dapur rumah tangga. 

“Kita terus benahi pasar murah setiap hari Jumat ini, baik dari sisi varian produk pertanian yang dipajang maupun kualitasnya,” ucapnya. 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tanaman Cabai Menghasilkan Cabai yang Lebih Pedas 

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya