Comscore Tracker

Sandiaga Uno: Medan Jadi Kota Wisata Tujuan karena Kulinernya

Sandi kunjungi rumah Tjong Afie hingga Masjid Lama

Medan, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pariwisata di Sumatra Utara sangat luas. Termasuk Medan yang terkenal dengan kulinernya.

Sandiaga Uno mengatakan, Medan terkenal akan kulinernya. Banyak yang ingin datang ke kota multikultural ini. Termasuk artis Deddy Corbuzier. "Pas saya tanyak Deddy (Corbuzier) jawab ingin ke Medan karena kulinernya," beber Sandi.

Hal itu disampaikan Sandi saat penandatanganan MoU antara pihak Gojek dan Politeknik Pariwisata (Politekpar) kota Medan di Politekpar, Sabtu (27/3/2021).

Dalam perbincangan dan pertemuan tersebut. Ada beberapa pesan yang diungkapkan oleh Menparekraf yang dirangkum oleh IDN Times.

1. Politekpar kota Medan diharapkan mampu beri pemahaman yang holistik

Sandiaga Uno: Medan Jadi Kota Wisata Tujuan karena KulinernyaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno hadiri ngobrol santai di Politeknik Pariwisata Medan(IDN Times/Indah Permata Sari)

Sandi menjabarkan jika masing-masing daerah di Sumut punya keunggulan wisatanya masing-masing. Selain itu juga sangat khas dengan karakternya.

Untuk itu lewat Politeknik Pariwisata (Politekpar) kota Medan diharapkan ada satu pemahaman yang holistik terhadap pariwisata yang berkualitas.

"Ada pariwisata alam terbuka, budaya, ekonomi kreatif dan lainnya. Kalau di Sumatra Utara kan luas sekali. Dari Nias yang ombaknya itu terbaik di dunia, sampai ke Danau Toba supervulkano juga dari Langkat beberapa wisata, dan Medan ada wisata kuliner. Jadi sangat luas dan budayanya juga menarik. Selain itu Bahorok terkenal konservasi wisata orangutan (ecotourism)," ucap Sandi.

Baca Juga: Genjot Kualitas SDM, 30 Pelajar Danau Toba Disekolahkan ke Bali

2. Sandi: 55 persen millennial ingin punya usaha sendiri

Sandiaga Uno: Medan Jadi Kota Wisata Tujuan karena KulinernyaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno saat meresmikan dengan pemotongan pita di Politeknik Pariwisata Medan(IDN Times/Indah Permata Sari)

Sandi menambahkan, inkubasi merupakan salah satu cara membangkitkan sektor pariwisata dan mendirikan ekonomi kreatif. Maka Politekpar Medan harus mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan tersebut juga harus mendorong hal kekinian dalam bidang teknologi.

"Jangan hanya lulusan sini menjadi pekerja, tapi juga memberikan lapangan kerja, karena 55 persen dari millennial sekarang ingin punya usaha sendiri," ucapnya.

3. Kota Medan salah satu destinasi yang ingin dituju banyak orang. Termasuk Deddy Corbuzier

Sandiaga Uno: Medan Jadi Kota Wisata Tujuan karena KulinernyaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno saksikan penandatanganan MoU antara Politekpar dan Gojek (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kemarin, Sandi memang banyak menghabiskan waktunya untuk berjalan-jalan di Kota Medan. Dia mengunjungi tempat bersejarah, Masjid Lama Gang Bengkok hingga makan malam di rumah Tjong Afie.

Selain penandatangan MoU antara Gojek dan Poltekpar, acara ini juga menjadi momen Deklarasi UMKM yang akan secara khusus memberikan perhatian dan ruang pengembangan UMKM di Kota Medan yang ditandatangani oleh Menparekraf, perwakilan Gojek dan Direktur Poltekpar Medan.

Baca Juga: Datang ke Dairi, Menpar Sandiaga Uno Ditabalkan Marga Kudadiri

Topic:

  • Indah Permatasari
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya