Comscore Tracker

Jelang Tahun Baru, Omset Jual Kembang Api Naik 100 Persen

Terhitung sejak 25 Desember mulai ramai

Medan, IDN Times - Menjelang malam Tahun baru 2021, pembeli kembang api meningkat drastis. Salah satu yang meraup keuntungan di Toko RR Firework, Jalan Cik Ditiro No.8 Medan. Hal itu dikatakan supervisor toko kembang api RR Firework, Timur Wijaya, Senin (28/12/2020).

"Kalau hari sebelumnya sepi, bahkan terbilang tidak ada. Tapi sejak 25 Desember, pembeli sudah mulai ramai, meningkat 100 persenlah," ucapnya. 

1. Omset sempat anjlok sebelumnya di hari biasa

Jelang Tahun Baru, Omset Jual Kembang Api Naik 100 PersenUnsplash/Abdhul Sajeer Puthiyaveettil

Dirinya mengatakan jika dibandingkan dengan hari biasa, penjualannya justru menurun atau anjlok sekitar 50 persen. Hal tersebut dikarenakan masih berada dalam masa pandemik COVID-19. 

"Masyarakat takut keluar. Selain itu, daya beli juga pasti menurun. Makanya untuk membeli kembang api sangat berkurang," ujarnya.

2. Harga variatif mulai Rp3 ribu hingga jutaan rupiah

Jelang Tahun Baru, Omset Jual Kembang Api Naik 100 PersenYouTube.com

Adapun harga kembang api yang tersedia di toko tersebut cukup bervariasi. Dimulai dari harga Rp3 ribu sampai dengan jutaan rupiah. Selain itu, para pembeli yang datang juga beragam kalangan dari warga Medan hingga luar kota.

"Ada juga dari Binjai, Serdang Bedagai, Deli Serdang. Karena ini momen tahun baru, biasanya akan ramai sampai 3 Januari," sebutnya.

3. Antisipasi kerumunan, pihak toko perketat protokol kesehatan

Jelang Tahun Baru, Omset Jual Kembang Api Naik 100 PersenCar Free Night di Jakarta. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Selain itu, sebagai antisipasi keramaian ataupun kerumunan pihaknya memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) di sekitar toko. Salah satunya yakni, penyediaan tempat cuci tangan dan penyemprotan hand sanitizer kepada pengunjung. 

"Sebenarnya pengunjung dari Medan ini bandal- bandal. Makanya pembeli kita atur jarak di dalam toko. Kita juga batasi yang masuk, misalnya ada 5 orang yang datang, maka cuma 1 orang yang diperbolehkan masuk.Toko dibuka sejak pukul 09.00 WIB sampai 22.00 WIB," jelasnya.

Baca Juga: Pandemik COVID-19, Gubernur Edy: Tidak Ada Perayaan Tahun Baru

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya