Comscore Tracker

Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Lebih Awet

Jangan malas bersihkan rantai roda secara periodik

Medan, IDN Times - Pada sepeda motor, rantai merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Dimana komponen ini bekerja meneruskan putaran mesin ke roda belakang untuk menggerakan seluruh bagian motor. Karena itu, jika rantai rusak tentunya dapat menggangu laju perjalanan karena motor tidak bisa digunakan.

Seiring usia pemakaian, maka kinerja rantai juga akan berkurang. Dibutuhkan kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan dan merawat rantai motor secara rutin. Selain bermanfaat menjadikan performa gir dan rantai tetap optimal, perawatan juga bertujuan untuk menjadikan berkendara lebih aman dan lancar.

Erwin Chandra selaku Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan, rantai roda terkadang dapat menjadi kendur dan rusak disebabkan berbagai faktor. Jika dibiarkan terus menerus, bukan hanya rantai dan komponen terkait yang rusak tapi keselamatan pengendara yang harusnya menjadi prioritas, namun malah jadi memiliki resiko.

Terkait hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat dan membersihkan rantai motor agar fungsinya tetap optimal. Yuk simak:

1. Periksa dan stel kekenduran rantai roda

Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Lebih AwetYouTube.com

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi / kekenduran rantai roda setiap 500 Km. Kondisi rantai roda yang terlalu kendur dapat menyebabkan penyaluran tenaga dari mesin tidak maksimal sampai ke roda belakang (tenaga motor berkurang) dan rantai roda bisa terlepas dari gear set dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Jika kondisi rantai roda terlalu tegang juga dapat menyebabkan tenaga motor berkurang (tarikan motor berat) dan dapat menyebabkan rantai putus serta dapat menyebabkan kecelakaan. Jika belum bisa melakukan penyetelan rantai secara mandiri, maka percayakan penyetelan rantai kepada mekanik ahli di bengkel yang resmi.

Baca Juga: Ini Rahasia Honda ADV150 Nyaman dan Stabil saat Dikendarai

2. Gunakan pelumas rantai roda yang sesuai

Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Lebih Awetmillennialdiyer.com

Agar rantai motor lebih awet, lumasi rantai roda secukupnya menggunakan oli gear SAE 80-90 atau pelumas khusus untuk rantai roda / chainlube yang di pasarkan oleh Honda Genuine Part.

Jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai roda, karena oli bekas daya lumasnya sudah tidak ada dan mengandung banyak kotoran sehingga semakin mempercepat umur pakai rantai roda itu sendiri.

3. Bersihkan rantai roda secara periodik

Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Lebih Awetwheelsnshields.com

Hal ini juga sangat penting dalam menjaga keawetan rantai sepeda motor. Karena jika sering dipakai pada cuaca hujan maupun panas, pasti rantai menjadi kotor dan berdebu. Bersihkan menggunakan sikat halus dan cairan detergent kemudian keringkan dan lumasi rantai mengunakan pelumas khusus rantai roda.

4. Gunakan rantai dan gear genuine part

Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Lebih Awetunsplash.com/Artem Beliaikin

Saat penggantian rantai roda, gantilah rantai dan gear sebagai satu kesatuan dan gunakan rantai roda dan gear Honda Genuine Part yang sudah terjamin kwalitasnya.

“Jika performa motor terasa mulai menurun, maka jangan ragu untuk melakukan perawatan dan perbaikan ke bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Selain mendapatkan pelayanan servis dari mekanik berpengalaman, parts yang terjamin keasliannya, pengguna motor Honda juga mendapatkan pelayanan terbaik dari para garda terdepan Honda,“ ujar Erwin Chandra.

Baca Juga: Anti Ribet, Begini Cara Servis Motor Kesayanganmu Ala Honda

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya