Comscore Tracker

Ini Kelebihan Mesin eSP+ pada Sepeda Motor Honda

Pertama kali diimplementasikan pada sepeda motor PCX 160

Inovasi dan perkembangan teknologi sepeda motor terus berkembang. Salah satu inovasi paling mutakhir dari Honda adalah Enhanced Smart Power atau biasa disebut eSP, dimana teknologi ini akan berfungsi menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang sia-sia.

Dengan teknologi eSP, maka menjadikan motor matic Honda jadi lebih irit bahan bakar, mesin lebih halus dan menghasilkan tenaga lebih baik.

Teknolohi eSP sendiri pertama kali diperkenalkan di tahun 2013 pada sepeda motor BeAT. Teknologi ini juga merupakan rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda.

1. eSP+ mampu membuat kerja mesin motor matic jadi lebih sempurna

Ini Kelebihan Mesin eSP+ pada Sepeda Motor HondaHonda ADV 160 punya spek kaki-kaki yang sama dengan ADV 150 (Dok. AHM)

Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, pada tahun 2021, inovasi baru diperkenalkan Honda dengan munculnya teknologi eSP+.

Dibanding generasi eSP sebelumnya, eSP+ mampu membuat kerja mesin motor matic jadi lebih sempurna karena perubahan pada komponen internal mesin yang cukup banyak.

2. eSP+ pertama kali diimplementasikan pada sepeda motor PCX 160

Ini Kelebihan Mesin eSP+ pada Sepeda Motor HondaAll New Honda PCX160 (Dok. IDN Times)

Selain itu ada dua tujuan utama dalam pengembangan teknologi eSP+ yaitu meningkatkan performa mesin menjadi lebih baik dan mengurangi friksi atau gesekan.

Perubahan terjadi pada mesin yang telah menggunakan empat katup, rasio kompresi tinggi, memaksimalkan saluran udara ke ruang bakar, penggunaan hydraulic tensioner, piston oil jet hingga crankshaft yang lebih rigid.

Di ruang filter pun terdapat rectifire atau penyearah yang berfungsi untuk mengarahkan angin dengan lebih presisi ke ruang bakar, sekaligus mengurangi turbulensi. Teknologi eSP+ pertama kali diimplementasikan pada sepeda motor PCX 160 yang kemudian digunakan juga pada Vario 160.

3. Pengaplikasian teknologi eSP+ membuat akselerasi terasa lebih baik

Ini Kelebihan Mesin eSP+ pada Sepeda Motor HondaPeluncuran All New Honda Vario160 di Kota Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Gunarko Hartoyo menambahkan, dampak positif dari pengaplikasian teknologi eSP+ membuat akselerasi terasa lebih baik dibanding generasi sebelumnya, serta tidak ada gejala gredek di putaran awal, sekalipun ketika menanjak dengan kecepatan yang relatif rendah.

Menurutnya untuk menjaga mesin dan performa motor tetap prima, jangan lupa lakukan perawatan secara berkala di AHASS terdekat agar motor kesayangan mendapatkan Servis Pasti Dari Yang Ahli.

Di AHASS, konsumen juga dapat memanfaatkan layanan Booking Service atau Layanan AHASS Servis Kunjung (ASK) untuk kebebasan waktu service.

Baca Juga: Viral, Video Diduga Penutupan Jambore Daerah Sumut Pakai Musik Dugem

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya