Comscore Tracker

Hati-Hati, Ini Dampak Bensin Oplosan pada Sepeda Motor Kesayangamu

Bikin banyak kerak atau endapan di mesin motor kamu

Jarak yang cukup jauh dan terbebas dari antrean panjang seperti di SPBU menjadi beberapa alasan yang menjadikan bensin eceran menjadi pilihan. Padahal harga bensin eceran itu pasti lebih mahal dari harga di SPBU dan beresiko mendapatkan bensin oplosan.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut ) mengungkapkan, berkendara dengan aman dan nyaman tidak hanya harus didukung dengan kondisi motor yang baik, tida terkecuali memastikan kualitas bensin yang digunakan. Karena para pengendara harus memahami bahwa penggunaan bensin oplosan pada motor sendiri cukup berefek negatif bagi kondisi mesin motor.

Menyikapi hal tersebut Honda ingin membagikan informasi terkait efek buruk apa saja yang dapat ditimbulkan bensin oplosan pada mesin motor.

Baca Juga: Keji! Satu Keluarga Bunuh Sopir Travel, Jasad Dibakar Lalu Ditanam

1. Suara mesin motor jadi lebih berisik dari biasanya

Hati-Hati, Ini Dampak Bensin Oplosan pada Sepeda Motor KesayangamuBengkel AHASS (Dok. naikmotor.com)

Penggunaan bensin oplosan dapat menyebabkan suara mesin motor jadi lebih berisik dari biasanya. Karena mesin motor kamu terdapat banyak kerak baik di piston, kepala silinder, dan sekeliling paying klep akibat sering menggunakan bensin oplosan.

2. Bikin banyak kerak atau endapan di mesin motor kamu

Hati-Hati, Ini Dampak Bensin Oplosan pada Sepeda Motor KesayangamuService sepeda motor Honda Pit Express AHASS (Dok. IDN Times)

Bensin oplosan juga dapat menyebabkan performa mesin motor juga bisa menjadi makin loyo. Hal ini dikarenakan banyaknya kerak atau endapan yang ada di mesin motor kamu. Bahkan, tidak cuma makin loyo, tapi motor kamu bisa juga tiba-tiba mogok. Kondisi seperti ini pun bisa membuat pembakaran bahan bakar motor kamu semakin boros.

3. Ayo ikut menjaga kelestarian lingkungan

Hati-Hati, Ini Dampak Bensin Oplosan pada Sepeda Motor KesayangamuIlustrasi bengkel AHASS (Dok. AHM)

Erwin Chandra menambahkan bahwa keawetan motor kesayangan tidak hanya ditentukan dari kepedulian pengendara dalam melakukan perawatan motor secara berkala di bengkel resmi AHASS, namun komitmen untuk tetap menggunakan bensin dengan kualitas terbaik ternyata tidak hanya memberikan andil besar dalam mempertahankan kondisi motor agar selalu prima, namun juga sebagai kontribusi untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan.

Baca Juga: Haru, Pedagang Siomai Daftar Haji Pakai Uang Logam dan Recehan Seribu

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya