Comscore Tracker

Begini Cara Mengatur Volume Bunyi Buzzer Answer Back Remote Motor

Volume bunyi bisa diatur sesuai keinginan loh

Salah satu inovasi teknologi yang dikembangkan Honda untuk memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya adalah Honda Smart Key System. Fitur cerdas ini membuat pengguna sepeda motor Honda tak lagi menggunakan anak kunci untuk mengoperasikannya.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, di pasar domestik, sepeda motor pertama yang diproduksi langsung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dengan mengaplikasikan Honda Smart Key System adalah Honda PCX, kemudian diikuti model lain sebagai salah satu keunggulannya, mulai dari sepeda motor Regular, Premium hingga Bigbike.

Fitur dan kecanggihan sepeda motor juga terus berkembang hingga dapat memanjakan pengendara dari sisi kenyamanan, keamanan dan keselamatan. Selain berfungsi sebagai pengganti anak kunci, Honda Smart Key ini juga berfungsi sebagai pengatur system alarm anti maling dan pengaturan system answer back pada sepeda motor yang memudahkan penggunanya mencari posisi motornya di tempat parkir.

Saat system answer back digunakan, lampu sein sepeda motor Honda akan berkedip disertai dengan bunyi buzzer. Volume bunyi tersebut dapat diatur sesuai keinginan penggunanya.

Berikut cara mengatur volume bunyi buzzer answer back pada sepeda motor ADV160 yang sudah menggunakan remote smart key.

Baca Juga: Cetak Hattrick, Rizky Yakin Bisa Bawa Ar Rasyid FC ke Final Bonas Cup

1. Aktifkan sistem Honda Smart Key

Begini Cara Mengatur Volume Bunyi Buzzer Answer Back Remote MotorAll New Honda PCX160 (Dok. IDN Times)

Pertama, pastikan bahwa sistem Honda Smart Key diaktifkan, kemudian tekan kunci kontak untuk mengotentikasi system Honda Smart Key. Tekan dan tahan kunci kontak selama lebih dari 4 detik.

Selanjutnya tekan kunci kontak 1 kali saat indikator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak berkedip. Kemudian setelah indikator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak menyala, buzzer pun berbunyi. Ulangi 3 kali, tekan tombol answer back/alarm pada Honda Smart Key sebanyak 2 kali dan kunci kontak 1 kali.

2. Pastikan indicator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak menyala kembali sebelum input selanjutnya

Begini Cara Mengatur Volume Bunyi Buzzer Answer Back Remote MotorHonda ADV160 (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Menurut Erwin Chandra, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengatur volume bunyi buzzer answer back, dimana saat kunci kontak ditekan, indikator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak mati, dan buzzer berbunyi. Pastikan indicator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak menyala kembali sebelum input selanjutnya.

Selain itu, saat tombol answer back/alarm ditekan, LED pada Honda Smart Key menyala. Pastikan LED mati sebelum menekan tombol lagi. Sedangkan, ketika tombol answer back/alarm atau kunci kontak tidak ditekan selama 1 menit, indikator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak berkedip 3 kali, kemudian buzzer berbunyi dan mode dibatalkan. Kembali ke 1 dan lakukan prosedurnya lagi.

3. Tekan tombol answer back/alarm untuk memilih salah satu dari 3 tingkat volume suara

Begini Cara Mengatur Volume Bunyi Buzzer Answer Back Remote MotorMarquez dan Espargaro menjajal Honda Vario160 livery Repsol Honda ini untuk berkeliling di trek utama Sirkuit Mandalika. (Foto Dok. Astra Honda Motor/AHM)

Tekan tombol answer back/alarm untuk memilih salah satu dari 3 tingkat volume suara. Indikator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak menyala saat menyetel. Selain dapat mengatur tingkat volume suara buzzer, Honda Smart Key System juga dapat digunakan untuk mengganti pola bunyi suara buzzer hingga mematikan suara buzzer menjadi mode senyap.

Erwin Chandra menambahkan, jika pengendara merasa kesulitan untuk melakukan pengaturan tersebut, maka mintalah bantuan kepada teknisi atau service advisor bengkel resmi AHASS saat melakukan servis sepeda motor. Jangan lupa juga untuk menjaga mesin dan performa sepeda motor tetap optimal dengan melakukan perawatan secara berkala di AHASS terdekat agar sepeda motor mendapatkan Servis Pasti dari yang ahli.

Baca Juga: Skutik Penjelajah Semakin Berkelas, Honda Luncurkan New Honda ADV160

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya