Comscore Tracker

Begini Cara Mencuci Sepeda Motor yang Benar

Bisa dilakukan sendiri di rumah

Mengisi waktu luang dengan aktivitas positif tentunya menjadi hal yang baik dilakukan. seperti halnya mencuci motor kesayangan yang dapat dilakukan ketika hari libur maupun akhir pekan. Selain menyenangkan, mencuci motor sendiri juga jadi kesempatan untuk melihat kondisi motor lebih detil, serta mengetahui komponen-komponen motor yang kondisinya mulai tak normal atau menunjukan gejala akan rusak.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan, mencuci motor sendiri juga membutuhkan pengetahuan dan pemahaman akan beberapa hal yang harus diperhatikan.

Menurutnya, biasanya terjadi kesalahan dalam penggunaan sabun, alat pembersih, dan tata cara mencuci motor dalam jangka panjang yang dapat menyebabkan warna cat motor terlihat kusam dan banyak muncul baret halus.

Untuk itu, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat mencuci motor sendiri:

1. Pastikan mesin dalam suhu rendah

Begini Cara Mencuci Sepeda Motor yang Benar(IDN Times/Dwi Agustiar)

Pertama, memastikan mesin dalam suhu rendah, dimana sebelum membilas motor dengan air, pastikan area mesin, knalpot, rem dan part-part lain yang cenderung bersuhu tinggi setelah pengendaraan dibiarkan terlebih dahulu sampai dalam suhu rendah.

Karena besi atau logam panas yang langsung terkena air dingin akan mengalami kejutan termal yang bisa merusak logam atau besi.

Baca Juga: Kapolda Sumut Akui Ada Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat

2. Menggunakan standar tengah

Begini Cara Mencuci Sepeda Motor yang Benar(IDN Times/Dwi Agustiar)

Sementara itu yang kedua, menggunakan standar tengah yang bertujuan untuk membuat posisi motor lebih stabil dan memudahkan menjangkau bagian bawah motor.

3. Membilas seluruh bodi motor dengan air bertekanan rendah

Begini Cara Mencuci Sepeda Motor yang Benar(IDN Times/Dwi Agustiar)

Ketiga, membilas seluruh bodi motor dengan air bertekanan rendah, karena Jika langsung dicuci tanpa dibilas terlebih dahulu, dampaknya kerikil atau pasir yang melekat bisa menempel di kain lap atau spons sehingga menyebabkan goresan di bodi motor.

Air bertekanan tinggi juga bisa merusak atau menggeser posisi komponen motor yang tak kuat menahan tekanan tinggi.

4. Menggunakan kain atau spons berbeda untuk membersihkan bagian atas dan bawah sepeda motor

Begini Cara Mencuci Sepeda Motor yang Benar(IDN Times/Dwi Agustiar)

Keempat, menggunakan kain atau spons berbeda untuk membersihkan bagian atas dan bawah sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk menghindari kotoran atau pasir menempel pada kain sehingga bisa menggores bodi motor.

Usahakan cuci bagian atas atau bodi motor terlebih dahulu, bersihkan dengan hati-hati bagian lensa lampu, panel dan komponen plastik lainnya agar tidak terjadi goresan pada permukaannya.

5. Gunakan sabun cuci khusus untuk mencuci motor

Begini Cara Mencuci Sepeda Motor yang Benar(IDN Times/Dwi Agustiar)

Sedangkan yang kelima, menggunakan sabun cuci khusus untuk mencuci motor yang tidak membuat warna cat kendaraan cepat pudar.

6. Bilas dengan air bertekanan rendah untuk menghilangkan sisa sabun

Begini Cara Mencuci Sepeda Motor yang Benar(IDN Times/Dwi Agustiar)

Keenam, setelah seluruh bagian luar motor sudah bersih, bilas dengan air bertekanan rendah untuk menghilangkan sisa sabun atau busa yang menempel untuk menghindari terjadinya noda atau bercak pada bodi dan komponen motor. Setelah dibilas, keringkan dengan kain lap halus seperti microfiber agar bodi tidak baret.

Erwin Chandra mengungkapkan, jika mengikuti arahan yang benar, maka sebenarnya cukup mudah mencuci motor sendiri dirumah. Namun motor yang sudah kece dan bersih tentunya harus didukung dengan kondisi yang prima. Karenanya, jangan lupa juga untuk rajin melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin di bengkel AHASS terdekat bersama ahlinya.

Baca Juga: Polisi Diadang Warga saat Evakuasi Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya