5 Tren Artificial Intelligence di Bidang Kesehatan, Sangat Canggih!

Artificial intelligence mendorong kemajuan bidang kesehatan

Artificial Intelligence telah muncul sebagai kekuatan transformatif dalam layanan kesehatan, menawarkan solusi untuk meningkatkan layanan pasien, menyederhanakan proses medis, dan meningkatkan hasil kesehatan secara keseluruhan. Memasuki tahun 2024, integrasi artificial intelligence di bidang medis terus mendapatkan momentum, dengan alat artificial intelligence medis baru yang menjadi pusat perhatian.

Konvergensi artificial intelligence dan teknologi kesehatan telah membuka jalan bagi perkembangan terobosan dalam artificial intelligence medis. Berbagai terobosan artificial intelligence telah mendorong kemajuan bidang kesehatan. Lantas apa saja tren artificial intelligence di bidang kesehatan yang canggih? Berikut ini 5 alat artificial intelligence di bidang kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Merative

5 Tren Artificial Intelligence di Bidang Kesehatan, Sangat Canggih!ilustrasi artificial intelligence di kesehatan (Pexels.com/MART PRODUCTION)

Merative, yang sebelumnya dikenal sebagai IBM Watson Health, telah muncul sebagai mitra data, analitik, dan teknologi terkemuka untuk industri layanan kesehatan. Merative telah memperkuat posisinya sebagai perusahaan mandiri dalam solusi artificial intelligence untuk layanan kesehatan, menawarkan pilihan aplikasi artificial intelligence yang dikurasi dengan cermat untuk penyedia layanan kesehatan, pembayar, perusahaan ilmu hayati, dan pemerintah.

Salah satu kekuatan utama Merative terletak pada keserbagunaan dan kemampuan beradaptasinya. Perusahaan ini menawarkan opsi penerapan yang fleksibel, termasuk solusi on-premise, berbasis cloud, atau hybrid, yang memastikan bahwa aplikasi artificial intelligence-nya dapat berintegrasi secara lancar dengan sistem layanan kesehatan yang ada. Solusi artificial intelligence Merative dirancang untuk mengatasi tantangan klinis dan operasional di dunia nyata, meningkatkan keyakinan diagnostik, dan meningkatkan pengalaman klinis secara keseluruhan bagi dokter dan spesialis medis lainnya.

2. Enlitic

5 Tren Artificial Intelligence di Bidang Kesehatan, Sangat Canggih!ilustrasi artificial intelligence di kesehatan (Pexels.com/MART PRODUCTION)

Enlitic, sebuah perusahaan IT layanan kesehatan terkemuka, telah meningkatkan alur kerja layanan kesehatan secara signifikan melalui solusi bertenaga artificial intelligence. Produk andalan perusahaan platform Enlitic Curie mengatasi tantangan industri yang paling mendesak dengan menstandarisasi data, mengoptimalkan alur kerja, dan meningkatkan produktivitas. Enlitic menggunakan artificial intelligence untuk memungkinkan penyedia layanan kesehatan membuka potensi sebenarnya dari data mereka secara real time.

Dengan berfokus pada keseluruhan alur kerja klinis dan bukan hanya pada satu titik saja dalam proses, Enlitic memberikan solusi hemat waktu yang berdampak positif pada kehidupan pasien sekaligus memberdayakan dokter dan ahli radiologi untuk berkonsentrasi pada tanggung jawab inti mereka.

Kemampuan platform Enlitic Curie untuk menormalkan data pencitraan dan mengekstrak informasi berharga dari gambar medis merupakan terobosan dalam bidang radiologi, yang secara efektif mengatasi masalah yang sudah berlangsung lama seperti inefisiensi alur kerja dan data yang terfragmentasi.

Baca Juga: Cara Mencari Research Gap dalam Penelitian Pakai AI

3. Regard

5 Tren Artificial Intelligence di Bidang Kesehatan, Sangat Canggih!ilustrasi artificial intelligence di kesehatan (Pexels.com/Anna Shvets)

Dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam alur kerja layanan kesehatan, Regard bertujuan untuk meningkatkan keuangan rumah sakit, meningkatkan standar keselamatan pasien, dan meningkatkan kepuasan dokter. Solusi perusahaan ini menggunakan artificial intelligence untuk meninjau data pasien secara otomatis, menghasilkan diagnosis yang akurat, dan membuat dokumentasi komprehensif untuk dokter, menyederhanakan proses klinis, dan mendukung pengambilan keputusan yang tepat.

Platform Regard menawarkan pandangan holistik tentang kesehatan pasien, menggabungkan informasi penting ke dalam satu halaman yang mudah diakses. Tinjauan komprehensif ini memberdayakan dokter untuk mengidentifikasi diagnosis potensial berdasarkan riwayat kesehatan pasien, sehingga memastikan penilaian menyeluruh dan akurat. Solusi artificial intelligence Regard mengurangi tekanan pada dokter, memungkinkan mereka memberikan perawatan berkualitas tinggi dengan peningkatan kepercayaan diri dan efisiensi.

4. Viz.ai

5 Tren Artificial Intelligence di Bidang Kesehatan, Sangat Canggih!ilustrasi artificial intelligence di kesehatan (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Viz.ai, sebuah perusahaan teknologi perawatan kesehatan yang didirikan pada tahun 2016, meningkatkan koordinasi perawatan dan mengurangi penundaan sistemis dalam layanan kesehatan melalui kemampuan artificial intelligence. Bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap perawatan yang menyelamatkan jiwa, Viz.ai menggunakan artificial intelligence untuk menganalisis pencitraan medis dan memberikan wawasan waktu nyata serta penilaian otomatis kepada penyedia layanan kesehatan.

Produk andalan perusahaan, Viz LVO, menunjukkan potensi AI yang sangat berharga dalam layanan kesehatan. Memanfaatkan algoritma pembelajaran mendalam yang canggih, Viz LVO mengkomunikasikan informasi sensitif terhadap waktu tentang pasien stroke kepada spesialis yang dapat melakukan intervensi dan memberikan perawatan tepat waktu.

Dengan menganalisis data pencitraan untuk mendeteksi indikasi yang dicurigai, memprioritaskan daftar kerja, dan menghubungkan tim perawatan secara real-time, Viz memberdayakan penyedia layanan kesehatan untuk membuat keputusan yang tepat dengan cepat dan efisien, yang pada akhirnya menyelamatkan nyawa dan meningkatkan hasil pasien.

5. DeepScribe

5 Tren Artificial Intelligence di Bidang Kesehatan, Sangat Canggih!ilustrasi artificial intelligence di kesehatan (Pexels.com/MART PRODUCTION)

Juru tulis medis artificial intelligence yang sepenuhnya otomatis dari DeepScribe telah muncul sebagai juru tulis artificial intelligence ambien yang paling banyak diadopsi dalam layanan kesehatan, yang dirancang untuk menyederhanakan dokumentasi klinis, meningkatkan perawatan pasien, dan mengurangi kelelahan klinis. Dengan ribuan dokter yang mendapatkan manfaat dari platformnya, DeepScribe mengubah cara profesional kesehatan melakukan pendekatan terhadap dokumentasi medis dan perawatan pasien.

Salah satu kekuatan utama DeepScribe terletak pada serangkaian kemampuannya yang komprehensif. Platform ini mendukung dikte, sehingga dokter dapat mendiktekan catatan yang secara otomatis ditranskripsikan ke dalam dokumentasi klinis.

Selain itu, DeepScribe terintegrasi dengan catatan kesehatan elektronik (EHRs), mengimpor data pasien untuk memberikan konteks pada proses dokumentasi. Fitur pengeditan interaktif memberdayakan dokter untuk menyempurnakan catatan yang dihasilkan artificial intelligence, memastikan keakuratan dan kepatuhan terhadap preferensi individu.

Baca Juga: Lima Tips Jaga Kesehatan Kulit Pria saat Cuaca Panas

INDAR RIZKY Photo Community Writer INDAR RIZKY

@methrics

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya