Comscore Tracker

Main Game 2 Jam Bakar Kalori Setara 1.000 Kali Sit Up, Ini Sebabnya

Berdasarkan penelitian terbaru

Bermain game terkadang dipandang negatif. Karena dianggap malas bergerak dan hanya bersantai di depan layar.

Padahal ternyata bermain game bisa membakar kalori lho. Penelitian terbaru mengungkap jika bermain game selama 2 jam setara sit up 1.000 kali. Kok bisa? Berikut penjelasannya dikutip dari GGWP.

1. Para pemain main game dipasang alat khusus menghitung kalori

Main Game 2 Jam Bakar Kalori Setara 1.000 Kali Sit Up, Ini SebabnyaIlustrasi Bermain Game (IDN Times/Mardya Shakti)

Berawal dari penelitian perusahaan game Stakester. Sebanyak 50 orang diminta bermain video game FIFA dan Call of Duty: Warzone. Mereka dipasang alat khusus untuk  menghitung jumlah kalori.

Detak jantung mereka juga dipantau selama 2 jam permainan. Setelah itu hasilnya diketahui. Mereka lalu diminta untuk melakukan sit-up dengan perangkat khusus tersebut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop Gaming dengan Baterai Awet dan Harganya

2. Pemain game bisa membakar 420 hingga 472 kalori selama 2 jam

Main Game 2 Jam Bakar Kalori Setara 1.000 Kali Sit Up, Ini SebabnyaIlustrasi main game. (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari hasilnya, 50 orang tersebut selama 2 jam membakar 420 kalori untuk pria. Sementara untuk wanita sebanyak 472 kalori. Itu setera dengan sit-up sebanyak 1.000 kali.

“Tidak mengherankan bahwa ini membakar kalori, tetapi kami terkejut melihat berapa banyak yang terbakar selama sesi 2 jam, itu pasti mengalahkan 1000 kali sit up!” Ujar Tom Fairey, CEO dan Founder Stakester.

Perbandingan lainnya bisa dilihat melalui HealthStatus.com, dengan melakukan sit-up selama satu jam penuh hanya membakar kalori sebesar 325 kalori saja.

3. Video game dapat meningkatkan detak jantung

Main Game 2 Jam Bakar Kalori Setara 1.000 Kali Sit Up, Ini SebabnyaIlustrasi Gaming Tools (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Fairey, saat bermain game ada Gaming Sweat yakni meningkatkan detak jantung dan menciptakan sensasi. Selain itu ada persaiangan dengan lawan main game. Sehingga jadi antusias dan mengeluarkan keringat. 

Selain itu juga bisa membentuk otot core yang diinginkan.Beberapa penelitian sebelumnya juga mengungkap soal manfaat bermain game. Yakni bisa mengurangi tingkat stress, meningkatkan mood, hingga mengurangi rasa sakit pada anak penderita kanker.

Baca Juga: Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-an

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya