Persiapan PON, PJSI Sumut Kirim 4 Atletnya Berlatih di Pelatnas Judo

Untuk mendapatkan lawan sparing sebagai pengganti try out

Medan, IDN Times- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara akan kembali mengirimkan atletnya berlatih di pelatnas. Mereka akan dititipkan untuk bisa digenjot di Ciloto, Jawa Barat bersama atlet pelatnas.

Empat atlet tersebut adalah Febby Landa Marlina, Willi Pratama, Renaldi Agus Prawira Parhusip, dan Nicholas Abednego Marbun. Ini merupakan bagian dari program mematangkan atlet menuju PON 2024.

1. Para atlet akan berlatih 2 pekan di pelatnas

Persiapan PON, PJSI Sumut Kirim 4 Atletnya Berlatih di Pelatnas JudoAksi pejudo Sumut Nicolas di Kejurwil Barat di Taman Olahraga Megang, Lubuklinggau, Sabtu (3/6/2023) (Dok.PJSI Sumut for IDN Times)

Sekretaris Umum PJSI Sumut Josef Yus mengatakan para atlet itu akan berlatih selama 2 pekan di pelatnas.

"Tujuannya mengasah ketajaman mereka bertanding dan juga mengeluarkan teknik-teknik yang sudah dipelajari daerah. Terus terang untuk persiapan kekurangan sparing. Satu-satunya jalan terpaksa sparing ke pelatnas. Tentu kita harapkan atlet terpilih bisa berlatih di sana," kata Josef, Jumat (14/7/2023).

Ia mengatakan sebenarnya sasaran mereka bisa berlatih ke luar negeri. Namun karena persoalan finansial hal itu sulit bisa diwujudkan.

"Pemprov sendiri tidak bisa memfasilitasi dalam arti kata tidak ada dana. Tak ada akar rotan pun jadi," tambahnya.

Usai berlatih di pelatnas, empat atlet tersebut akan mengikuti kejuaraan nasional pelajar dan mahasiswa di Bandung pada 28-31 Juli.

Baca Juga: PJSI Sumut Siap Sambut Julien Brulard, Judoka Traveller Dunia

2. Keempat atlet dianggap paling siap

Persiapan PON, PJSI Sumut Kirim 4 Atletnya Berlatih di Pelatnas JudoSekum PJSI Sumut Josef Yus bersama atlet pelatda Sumut Willi Pratama saat akan berlaga di Kejurwil Barat Lubuk Linggau awal Juni 2023 lalu (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PJSI Sumut Eka Setya Wirawan Siregar mengatakan keempat atlet itu dipilih karena saat ini dianggap paling siap.

"Ini mereka yang siap. Sebenarnya ada Jihan Lubis, tapi dia sedang pemulihan cedera. Yang lain persiapan untuk Kasad Cup September," kata Eka.

Sejauh ini para atlet membutuhkan lawan sparing. Seperti Willi Pratama di kelas -90 kg tak mendapatkan lawan sparing di Medan.

"Di sana lebih banyak sparing, latihan fisik mereka sudah siap," tambahnya.

3. Sumut sendiri punya 2 atlet di pelatnas judo

Persiapan PON, PJSI Sumut Kirim 4 Atletnya Berlatih di Pelatnas JudoWinner Felix Panggabean, pejudo Sumut yang masuk pelatnas (IDN Times/Doni Hermawan)

Ini merupakan kali kedua PJSI Sumut melakukan program penitipan atlet ke pelatnas. Tahun lalu mereka juga menitipkan 2 atletnya ke pelatnas untuk berlatih.

Sumut sendiri punya 2 atlet yang memang dipanggil pelatnas. Mereka adalah Nanda Olivia Banurea dan Winner Felix Panggabean. Keduanya sudah berada di pelatnas sejak tahun lalu dan kembali masuk pemanggilan tahun ini untuk skuat timnas judo lapis 1 dan 2.

Baca Juga: Hadapi PON 2024, Atlet Judo Sumut Butuh Try Out ke Luar Daerah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya