Comscore Tracker

Profil Dedi Gusmawan, Anak Medan Jadi Best Player BRI Liga 1 Pekan Ini

Dedi Gusmawan sempat tak sadarkan diri pada laga pekan lalu

Usianya sudah menginjak 36 tahun, namun pemain asal Medan ini masih mampu menunjukkan kualitasnya di kompetisi sepakbola kasta tertinggi Indonesia.

Terbukti pada pekan ke-29 BRI Liga 1, pemain belakang yang satu ini masuk menjadi XI pemain terbaik pilihan tim Technical Study Group (TSG). Ia adalah Dedi Gusmawan, bek tengah Persita Tangerang.

Yuk simak profilnya.

Profil Dedi Gusmawan, Anak Medan Jadi Best Player BRI Liga 1 Pekan Iniinstagram/gusmawandedy

Dedi Gusmawan merupakan salah satu pesepak bola senior di Indonesia. Ia lahir di Deli Serdang, 27 Desember 1985.

Karier senior Dedi Gusmawan bermula dari PSDS Deli Serdang. Ia bermain selama dua tahun bersama klub berjulukan Traktor Kuning tersebut.

Kemudian, Dedi bergabung dengan klub kebanggaan masyarakat Riau, PSPS, pada tahun 2008. Bersama Askar Bertuah, performanya terus mengalami peningkatan.

Posisi Dedi Gusmawan di jantung pertahanan pun tak tergantikan di PSPS. Selain jadi benteng, dia juga mendapat kepercayaan sebagai kapten tim.

Setelah empat musim bermain bersama PSPS, Dedi sempat memutuskan untuk bergabung ke Mitra Kukar pada tahun 2012.

Profil Dedi Gusmawan, Anak Medan Jadi Best Player BRI Liga 1 Pekan IniBest XI Pekan Ke-29 BRI Liga 1 (Dok. BRI Liga 1)

Berama skuad Naga Mekes, Dedi Gusmawan menjadi salah satu pemain kepercayaan pelatih Stefen Hansson. Dia selalu jadi pilihan utama di jantung pertahanan.

Karena sudah memahami kualitas Dedi, Hansson pun memutuskan untuk memboyongnya ke Liga Myanmar saat bekerja untuk Zeyar Shwe Myay FC.

Saat itu, keputusan Hanson dan Dedi pindah ke Myanmar tak terlepas dari sanksi FIFA yang dijatuhkan kepada PSSI sehingga membuat sepak bola Indonesia mati suri.

Namun, kebersamaannya dengan Zeyar Shwe Myay FC hanya berlangsung selama satu musim. Dia kemudian kembali ke Indonesia untuk memperkuat Mitra Kukar.

Profil Dedi Gusmawan, Anak Medan Jadi Best Player BRI Liga 1 Pekan IniPemain Persita, Dedy Gusmawan sempat dilarikan ke rumah sakit di tengah laga usai terkena sepakan dari gelandang Bhayangkara FC, Melvin Paltje. (Dok. Persita)

Sejak saat itu, Dedi sempat berpindah-pindah klub, mulai dari Semen Padang, PSM Makassar, Sulit United, dan kini memperkuat Persita Tangerang.

Ia selalu tampil penuh pada 10 pertandingan terakhir Pendekar Cisadane di Liga 1 2021-2022.

Sayangnya, pada laga pekan lalu (pekan ke-28), dia harus mengalami insiden nahas dengan Melvin Platje saat menghadapi Bhayangkara FC pada menit ke-72 (1/3/2022). Dia pun sempat tak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit menggunakan mobil ambulans.

Namun pekan ini ia sudah kembali bermain dan kembali menunjukkan kualitas permainannya dengan menahan imbang Persebaya 1-1. Ia pun masuk XI pemain terbaik pekan ke-29 BRI Liga 1 pilihan tim Technical Study Group (TSG). Selamat ya Bang Dedi!

Baca Juga: Persiraja Resmi Degradasi ke Liga 2

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya