TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta di Balik Gelar Juara UEFA Nations League Milik Portugal

Portugal raja Eropa

Standard.co.uk

Gelar juara UEFA Nations League edisi pertama menjadi milik Portugal. Cristiano Ronaldo dkk menumbangkan Belanda di Estadio do Dragao dengan skor 1-0, pada Senin (10/6) dini hari.

Portugal yang bermain di markasnya sendiri tampil mendominasi. Babak pertama, juara Euro 2016 itu melepaskan total 12 tembakan ke gawang Jasper Cillesen, kiper Belanda. Namun tak ada gol di babak pertama.

Belanda membaik di babak kedua. Namun pasukan Ronald Koeman justru kecolongan lewat gol Guedes menit ke-60. Meski berhasil mengurung Portugal, Belanda akhirnya tak mampu menyamakan skor hingga peluit panjang.

Berikut 5 fakta di balik gelar juara Portugal

Baca Juga: Cetak Hattrick dan Bawa Portugal ke Final UNL, Sudah Biasa bagi CR7

1. Trofi kedua Santos

ESPN.com

Gelar juara UEFA Nations League merupakan trofi kedua bagi pelatih Fernando Santos. Sebelumnya Santos membawa Portugal meraih gelar juara Euro 2016.

2. Bertepatan dengan hari nasional Portugal

UEFA.com/Getty Images

Hari Nasional Portugal dirayakan setiap 10 Juni, tanggal yang dipilih untuk memperingati hari kematian sastrawan Luis de Camoes.

"Ini luar biasa untuk Portugal, keberhasilan ini akan dikenang di hati warga Portugal. Perayaan Hari Nasional Portugal berlangsung dua jam lebih awal!" kata Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa.

3. Ronaldo telah raih 31 gelar

Twitter/@Coral

Gelar juara UEFA Nations League ini membuat pemain milik Juventus tersebut telah memberikan 2 gelar juara untuk negaranya, setelah sebelumnya memberikan gelar juara Euro 2016.

Keberhasilan mantan pemain Real Madrid ini membawa negaranya kembali juara membuat dirinya berhasil meraih 31 gelar bergengsi di kompetisi bergengsi.

"Saya sangat senang. Ini adalah trofi yang sangat penting bagi seluruh rakyat Portugal dan juga tim nasional," kata Ronaldo.

4. Rekor Ronaldo lawan Belanda

Twitter/@Squawka

Ronaldo punya rekor positif atas Belanda. CR7 selalu memenangi empat kali memenangi pertandingan melawan Belanda di semua ajang dengan mencetak empat gol.

Baca Juga: Dibantu Blunder Inggris, Belanda Lolos ke Final UEFA Nations League

Berita Terkini Lainnya