Dua Blunder Inggris 'Bantu' Belanda Lolos ke Final UEFA Nations League

Laga semifinal ketat ini berlangsung hingga extra time

Jakarta, IDN Times - Belanda memastikan diri menjadi negara kedua yang lolos ke final UEFA Nations League setelah mengandaskan perlawanan sengit dari Inggris. Di laga semifinal yang dihelat di Estadio D. Afonso Henriques pada Jumat (7/6) dini hari tadi, Frenkie de Jong dan kolega sukses menang 3-1 melalui babak perpanjangan waktu.

Di laga ini, Belanda turun dengan kekuatan terbaiknya. Duet Virgil van Dijk dan Matthijs de Ligt mengawal lini belakang dengan Frenkie dan Georginio Wijnaldum jadi andalan di tengah. Di depan, Memphis Depay dan Ryan Babel jadi andalan Ronald Koeman untuk menggedor pertahanan Tiga Singa.

Di kubu Inggris, perubahan besar dibuat. Harry Kane yang tak cukup fit, dicadangkan dengan Raheem Sterling jadi false nine sekaligus kapten timnas sejak menit pertama diapit oleh Marcus Rashford dan Jadon Sancho. Gareth Southgate juga memilih memainkan Declan Rice dan Fabian Delph di tengah dibanding Dele Alli dan Jordan Henderson sejak menit awal.

Tampil lebih dominan, Belanda langsung menggebrak. Depay mendapat dua peluang bersih namun sepakannya masih mampu diamankan Jordan Pickford. Asyik menyerang, Belanda justru ketinggalan lebih dahulu. Blunder de Ligt membuat Rashford mampu mencuri bola lalu dijatuhkan oleh kapten Ajax tersebut di kotak penalti. Mendapat jatah eksekusi penalti, bintang muda Manchester United itu tak kesulitan menaklukkan Jasper Cillessen untuk bawa Inggris unggul 1-0 pada menit ke-32.

Tertinggal satu gol di babak kedua, Belanda menggeliat. Quincy Promes hingga Donny van de Beek dimasukkan untuk menambah daya gedor. Hasilnya, de Ligt membayar lunas blundernya lewat gol penyama kedudukan. Memanfaatkan sepak pojok Depay, de Ligt menyundul bola dan sukses membobol gawang Pickford.

Sama kuat 1-1 di waktu normal, laga berlanjut ke extra time. Petaka kemudian menyambut Inggris di babak ini. Blunder John Stones membuat Depay mampu lepaskan sepakan yang untungnya mampu diamankan Pickford. Sayang, bola tepisan tersebut kemudian dikejar Promes yang membuat bola membentur Kyle Walker dan bergulir masuk ke gawang sendiri pada menit ke-97.

Derita Inggris berlanjut pada menit 113. Blunder Ross Barkley kembali dimanfaatkan Depay yang ukir asis keduanya untuk gol ketiga Belanda yang dicetak Promes. Skor 3-1 sendiri menjadi hasil akhir dan memastikan Belanda menyusul tuan rumah Portugal ke final.

Laga final sendiri akan dihelat pada Senin (10/6) dini hari dengan Portugal menjadi tuan rumah untuk menjamu Belanda di markas FC Porto yakni Estadio do Dragao.

Baca Juga: Hattrick Cristiano Ronaldo Bawa Portugal ke Final UEFA Nations League

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya