Kempo Sumut Siap Torehkan Sejarah di PON 2024

Andalkan 20 atlet, target 2 medali emas

Medan, IDN Times- Cabang olahraga kempo Sumatra Utara siap menorehkan sejarah di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Mereka menargetkan bisa membawa 2 medali emas.

"Mudah-mudahan pada PON 2024 mendatang kita bisa membuat sejarah. Sebab sepanjang sejarah, kempo Sumut baru mampu meraih medali perunggu di PON," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) Perkemi Sumut John Piter Sihombing. 

1. Berkaca dari kekuatan saat Kejurnas Mei 2023 lalu

Kempo Sumut Siap Torehkan Sejarah di PON 2024Kejurnas Kempo Monas Cup pada Mei 2023 lalu (instagram/perkemi_sumut)

Perkemi Sumut optimis meraih dua medali emas setelah menggambar peta kekuatan lawan dan raihan di Kejurnas Monas Cup, Mei 2023 lalu. Mereka meraih 2 medali emas, 2 perak, dan 9 perunggu.

John Piter mengatakan, dua atlet yang diandalkan untuk mendulang medali. Mereka adalah M Dedi Yusuf (Langkat) dan Sonya Fatira Adelia (Medan).

"Meski begitu, kita berharap atlet lain bisa membuat kejutan. Yang meraih medali perak dan perunggu di Monas Cup kemarin bisa meraih emas," harapnya.

 

Baca Juga: Keluh Kickboxing Sumut Belum Dapat Alat Latihan untuk PON 2024

2. Saat ini atlet belum jalani pusdiklat

Kempo Sumut Siap Torehkan Sejarah di PON 2024Pengurus Perkemi Sumut membeberkan persiapan cabor kempo (instagram/perkemi_sumut)

John Piter mengakui peta persaingan kempo sangat ketat. Dia menyebut Indonesia Timur jadi pesaing utama untuk kategori randori (tarung). Sedangkan untuk kategori embu (seni), Pulau Jawa menjadi pesaing.

John mengatakan, saat ini atlet kempo digembleng 5 kali sepekan di Aula Kantor Camat Medan Helvetia. 

"Kita belum memiliki Pusdiklat, sehingga atlet yang berasal dari luar Kota Medan menjadi kendala. Mereka terpaksa hanya latihan Sabtu dan Minggu. Mudah-mudahan ke depan, semua atlet bisa latihan bersama. Selain itu, kita juga terkendala dengan wasit nasional," jelasnya.

3. Saat ini ada 20 atlet yang dipersiapkan

Kempo Sumut Siap Torehkan Sejarah di PON 2024Persiapan atlet Sumut cabor kempo hadapi PON 2024 (instagram/perkemi_sumut)

Sementara itu Sekretaris Umum Perkemi Sumut Andri Sibarani mengatakan saat ini ada 20 atlet yang dipersiapkan.

"Saat ini kita mempersiapkan 20 atlet yang masuk Pelatda KONI Sumut. Rinciannya 13 putra dan 7 putri. Kita akan tampil pada 20 dari 22 nomor yang dipertandingkan di PON 2024 nanti. Ada dua nomor yang tidak kita ikuti karena keterbatasan SDM atlet," ujar Andri Sibarani.

Andri menambahkan dari 20 atlet yang dipersiapkan, 17 lolos grade tes fisik dan kesehatan yang digelar KONI Sumut, beberapa waktu lalu. "Meski tiga tidak lolos, kita tetap pertahankan. Mudah-mudahan nanti mereka bisa menembus grade yang ditetapkan," ungkapnya.

Baca Juga: Hadapi PON 2024, Atlet Judo Sumut Butuh Try Out ke Luar Daerah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya