Dibantai NTB, Futsal Sumut Pupus Mimpi ke Semi Final PON Papua

Sumut telan tiga kekalahan di PON Papua

Medan, IDN Times - Tim futsal Sumatra Utara gagal melanjutkan ambisinya ke semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021. Kekalahan dari Nusa Tenggara Barat 0-4 pada lanjutan penyisihan grup B, Rabu (29/9/2021) di Lapangan GOR Futsal SP2.

Hattrick Romi Humandri dan satu gol dari Satria Malini perkasa memupus harapan Sumatra Utara.

1. NTB tampil berkelas dan Sumut kesulitan menembus

Dibantai NTB, Futsal Sumut Pupus Mimpi ke Semi Final PON PapuaTim futsal Sumut tersingkir di penyisihan PON Papua 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Pada laga itu Sumut menurunkan starting five terbaiknya dengan Satria Yudistira di bawah mistar bersama Mahyaruddin Rangkuti, Rifaldi, Syauqi Saud dan Rifai Saragih. Sementara kapten tim Aulia Rahmad Siregar mengawalinya dari bench.

Laga baru berjalan empat menit NTB unggul lewat Romi Humandri memanfaatkan umpan tarik dari kanan. Sementara Sumut yang dimotori pemain Bintang Timur Surabaya, Sauqi tak bisa leluasa menembus pertahanan lawan. Skor 1-0 hingga jeda.

Babak kedua dibuka peluang Mahyar Rangkuti yang melambung di atas mistar.NTB juga berpeluang tapi tendangannya masih bisa dihalau kiper Sumut, Satria. Begitu juga dua peluang NTB lainnya. Gawang Sumut terus digempur.

NTB akhirnya kembali unggul lewat Satria Malini Prakasa setelah memanfaatkan umpan dari bola tendangan bebas. Sumut semakin kesulitan setleah kehilangan Rifaldi di babak kedua setelah menerima kartu kuning kedua.

Sumut kesulitan melepaskan tembakan ke gawang NTB. Kiper Satria juga ikut maju ke depan. Tapi hasilnya, Romi Humandri mencetak gol ketiga NTB setelah melepaskan tendangan jarak jauh ke gawang yang ditinggal Satria. Pemain nomor punggung 9 itu juga melengkapi hattricknya semenit kemudian. Skor 4-0 memupus asa Sumut.

Baca Juga: Kalahkan Kalbar, Futsal Sumut Buka Kans ke Semi Final PON

2. Sumut menelan tiga kekalahan di PON Papua

Dibantai NTB, Futsal Sumut Pupus Mimpi ke Semi Final PON PapuaTim futsal Sumut tersingkir di penyisihan PON Papua 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Sumut hanya mengoleksi tiga poin selama penyisihan. Mereka mengawaliny dengan kekalahan 1-2 dari Papua. Sumut sempat bangkit dengan mengandaskan Kalimantan Barat 4-2. Namun kemudian mereka kembali tumbang dari Kepri pada laga ketiga dengan skor 4-6.

Hasil ini membuat Papua dan NTB melaju ke semi final dari grup A. Papua meraih sembilan poin sementara NTB menyusul dengan enam poin. Sumut finish di posisi keempat. Sementara Kepri peringkat ketiga.

3. Ulangi memori buruk PON 2016 dan 2012

Dibantai NTB, Futsal Sumut Pupus Mimpi ke Semi Final PON PapuaSauqi Saud Lubis (instagram/sauqisaudlubis)

Pada PON 2016, tim Sumut juga gagal melaju ke semi final dan hanya finish di peringkat kelima. Sumut hanya meraih satu kemenangan dan menelan empat kekalahan.

Begitu juga di PON 2012. Saat itu futsal juga tersingkir di babak penyisihan grup.

Baca Juga: Kalah dari Papua, Tim Futsal Sumut Siap Bangkit Lawan Kalbar

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya