Comscore Tracker

[UPDATE] Naik 25 Kasus, COVID-19 Sumut Menjadi 957 Orang

Jumlahnya semakin memprihatinkan dari hari ke hari

Medan, IDN Times – Kasus COVID-19 di Sumut terus mengalami peningkatan. Gugus Tugas percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumut mengonfirmasi, ada penambahan 25 kasus, Selasa (16/6).

Juru Bicara GTPP COVID-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan, jika sampai hari ini ada 957 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Peningkatan kasus per hari menunjukkan masih terjadinya penularan di Sumatera Utara. Seiring juga dengan aktifitas masyarakat yang saat ini semakin ramai di luar ruangan.

Medan masih menjadi urutan pertama dengan kasus terbanyak. Jumlahnya mencapai 643 kasus.

Sementara itu, untuk Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya menurun dari 151 orang menjadi 143 orang. "Sementara, untuk orang dalam pemantauan (ODP) saat ini berjumlah 713 orang," ujar Aris, Selasa petang.

Kabar baik datang dari jumlah pasien yang sembuh. Jumlahnya meningkat dari 215 orang menjadi 221 orang. Sementara untuk pasien yang meninggal dunia hari ini bertambah 2 orang dari 65 menjadi 67 orang.

Aris mengingatkan bahwa banyak orang yang tanpa gejala dan terkesan sehat, tetapi membawa virus Corona (Covid-19). Sebab masa transisi menuju normal baru, langkah menerapkan protokol kesehatan tidak bisa ditawar lagi.

“Hindari pertemuan sosial, pastikan tempat duduk di kantor memiliki ventilasi yang baik, cuci tangan sesering mungkin setelah memegang barang-barang yang juga dipegang orang lain. Ingat juga, kalau fasilitas pencuci tangan tak banyak, bawalah cairan pembersih tangan. Berikutnya, jaga kebersihan tempat kerja dan lakukan disinfektan secara berkala,” sebutnya.

Masyarakat diimbau menggunakan masker dengan baik dan benar. Tidak sembarangan melepas masker, saat di kantor atau tempat orang ramai. Serta jika sakit, diminta untuk tetap di rumah. Sedangkan perilaku standar lainnya yang juga perlu diingat, adalah etika batuk dan bersin dengan melipat siku atau tutup dengan tisu.

“Begitu juga dengan protokol kedatangan (pulang ke rumah), membuka alas kaki, semprot disinfektan pada barang yang dibawa, cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh barang-barang yang ada di rumah. Langsung mandi dan gunakan pakaian bersih/baru (dicuci) sebelum bertemu dengan orang di rumah. Jadilah pelindung keluarga yang andal, tetap produktif. Keluarga sehat, masyarakat juga ikut sehat,” lanjutnya.

Baca Juga: [LINI MASA] Perkembangan Terkini Wabah Virus Corona di Sumatera Utara

Topic:

  • Prayugo Utomo
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya