Tol Kualatanjung-Tebingtinggi-Parapat Tak Gratis Lagi, Segini Tarifnya

Pemberlakuan dimulai pada 4 April 2024

Medan, IDN Times – Pemerintah memberlakukan tarif untuk ruas tol Kualatanjung-Tebingtinggi-Parapat (Kutepat) mulai 4 April 2024. Pemberlakuan ini dilakukan setelah digratiskan selama masa operasi.

Selama itu juga pihak pengembang PT Hutama Marga Waskita melakukan sosialisasi tentang pemberlakuan tarif.

Pemberlakuan tarif ini menyusul setelah diterbitkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 622/KPTS/M/2024 Tanggal 21 Maret 2024.

1. Sosialisasi terus digencarkan

Tol Kualatanjung-Tebingtinggi-Parapat Tak Gratis Lagi, Segini TarifnyaJalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi Indrapura – Lima Puluh. (dok. Hutama Karya)

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin mengatakan sebelum dilakukan penerapan bertarif sosialisasi secara masif telah dilakukan kepada para pengguna jalan selama masa beroperasi tanpa tarif sejak 10 November 2023. Sosialisasi ini mulai dari tata cara berkendara di jalan tol yang baik dan benar, penggunaan Kartu Uang Elektronik serta manfaat dan peran strategis jalan tol.

Sosialisasi tersebut dilakukan melalui berbagai media komunikasi seperti media sosial, media luar ruang (spanduk, baliho, umbul-umbul dan VMS) serta siaran pers perusahaan hingga siaran dengan radio nasional maupun radio swasta.

“Berbagai sosialisasi kepada pengguna jalan sudah kami lakukan baik di media sosial, medialuar ruang serta media elektronik sehingga diharapkan para pengguna jalan sudah mengetahui informasi terkait dengan akan diberlakukan tarif ruas Tol Tebing Tinggi – Indrapura”, ujar Dindin dalam keterangan pers, Selasa (2/3/2024).

2. Perhatikan saldo sebelum masuk ke dalam tol

Tol Kualatanjung-Tebingtinggi-Parapat Tak Gratis Lagi, Segini TarifnyaPresiden Jokowi meresmikan tol Indrapura-Limapuluh (dok.Hutama Karya)

Diberlakukannya penerapan tarif di ruas Tol Tebing Tinggi – Indrapura menggunakan sistemtransaksi tertutup atau terintegrasi.

“Para pengguna jalan diimbau untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik untuk menghindari penumpukan antrian di gerbang tol,” kata Dindin.

3. Segini tarif melintas di tol Kutepat

Tol Kualatanjung-Tebingtinggi-Parapat Tak Gratis Lagi, Segini TarifnyaGerbang Tol (GT) Lima Puluh di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (dok. Hutama Karya)

Dalam keterangan tertulisnya, Himawas juga menyampaikan soal besaran tarif yang diberlakukan.

Untuk ruas Tebingtinggi-Indrapura, kendaraan golongan I akan dikenakan tarif Rp31 ribu. Kemudian Golongan II dan III Rp46 ribu dan Golongan IV dan V Rp61.500.

Baca Juga: Mudik Naik Mobil Listrik, Ini 10 Lokasi SPKLU di Sumut

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya