Comscore Tracker

Sebanyak 14.500 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Sumut

Akan didistribusi ke daerah untuk genjot vaksin dosis I

Medan, IDN Times -  Vaksin AstraZeneca akhirnya tiba di Sumatra Utara, Selasa (27/7/2021) sekitar pukul 16.00 WIB. Jumlah vaksin yang tiba lewat di terminal Cargo Bandara Internasional Kualanamu itu mencapai 14.500 dosis.

Vaksin mendapat pengawalan bersenjata lengkap dari Brimob Polda Sumut. Vaksin langsung dibawa ke gudang Farmasi Dinas Kesehatan Pemprov Sumut Jalan Prof M Yamin Nomor 41A Medan.

1. Vaksin akan didistribusikan ke kabupaten kota

Sebanyak 14.500 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Sumutilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sumatra Utara Aris Yudhariansyah menjelaskan, vaksin AstraZeneca yang baru tiba itu akan didistribusikan ke kabupaten/kota yang ada di Sumut.

“Mulai besok akan didistribusikan. Saat ini tinggal menyelesaikan proses administrasinya saja,” ujar Aris, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: Dosis Vaksin di Sumut Kian Menipis, Gubernur Edy: Tunggu Dikirim

2. AstraZeneca diprioritaskan untuk penyuntikan dosis pertama

Sebanyak 14.500 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di SumutIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Kata Aris, vaksin AstraZeneca yang tiba di Sumut adalah di luar permintaan dari Pemprov Sumut sebanyak 2 juta dosis untuk menggenjot vaksinasi.

“Kalau yang dua juta itu adalah Sinovac. Karena untuk menggenjot penyuntikan dosis kedua,” ujarnya.

3. Vaksinasi dosis kedua di Sumut baru 8 persen

Sebanyak 14.500 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Sumut(Ilustrasi) antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Kabupaten dan kota yang ada di Sumatra Utara (Sumut) kian kesulitan melakukan vaksinasi. Stok vaksin disebut kian menipis.

Data yang dihimpun dari laman vaksin.kemkes.go.id, vaksinasi dosis pertama di Sumut baru mencapai angka 16,04 persen atau 1.831.990 orang.

Sementara untuk dosis kedua baru mencapai 8,18 persen atau 934.401 orang. Angka ini masih jauh dari target 70 persen warga sebesar 11.419.559 orang di Sumut untuk mencapai Herd Immunity.

Baca Juga: 19 Tahanan Kabur dari Polsek Medan Labuhan, Sisa 2 Orang Masih Diburu

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya