Comscore Tracker

Paus Terdampar di Laut Asahan, Digiring Nelayan Kembali ke Laut Lepas

Saat ditemukan, paus dalam kondisi lemas

Asahan, IDN Times – Para nelayan yang ada di Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan terkejut saat menemukan seekor Paus yang nyaris terdampar di sana, Rabu (8/1) sekira pukul 11.00 WIB. 

Penemuan paus berukuran sekitar 5 meter itu tepatnya berjarak 2 mil dari pantai Silo Baru, perairan Asahan.

Paus itu ditemukan dalam kondisi lemah. Beruntun paus malang itu berhasil diselamatkan.

1. Para nelayan langsung bekerjasama menggiring paus ke laut lepas

Paus Terdampar di Laut Asahan, Digiring Nelayan Kembali ke Laut Lepas(Ilustrasi) Paus terdampar di bibir Pantai Babalalang, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (2/1) / Istimewa

Paus berwarna hitam itu berhasil diselamatkan para nelayan. Saat air pasang, para nelayan menggiring paus berenang ke laut lepas.

Dari video yang beredar, sejumlah perahu nelayan mengawal paus.

"Saat mau pergi kerja, melintas, kelihatan pausnya tadi terdampar. Jadi pas gerak pasang, kami halau ke arah ke tengah," kata Didi Alfiansyah, Rabu petang.

Baca Juga: 5 Fakta Ambergris, Muntahan Paus yang Punya Harga Selangit

2. Sudah dua paus ditemukan dalam sepekan terakhir

Paus Terdampar di Laut Asahan, Digiring Nelayan Kembali ke Laut LepasFacebook.com/Scottish Marine Animal Strandings Scheme

Kata Didi, ini bukan kali pertama paus ditemukan di perairan Asahan. Sehari sebelumnya, mamalia raksasa yang dilindungi itu, juga terlihat keberadaannya.

"Sama hari ini sudah dua kali," sebutnya.

Kepala Desa Silo Baru Ahmad Sofyan juga meminta para nelayan tidak melakukan perburuan kepada paus yang belakangan sering muncul.

"Kami sudah kontak dinas kelautan dan perikanan, apabila besok hari ikan paus masih terlihat atau terdampar, maka dari KKP akan turun menarik ke tengah (laut) agar bisa terselamatkan," ucap Sofyan.

3. Paus masuk ke perairan Asahan karena angin kencang di tengah laut

Paus Terdampar di Laut Asahan, Digiring Nelayan Kembali ke Laut Lepasus.whales.org

Fenomena kemunculan  paus di Asahan belakangan ini adalah kali pertama. Kemunculan paus diduga karena cuaca di tengah laut.

“Diduga kondisi angin yang cukup kencang di tengah laut. Sepanjang saya tahu dan saya ingat, ya baru kali ini ikan paus terdampar di pantai kami," ungkapnya.

Baca Juga: Geger, Paus 9,5 Meter Ditemukan Mati Terdampar di Pantai Mamuju

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya