Comscore Tracker

Jelang Lebaran, Jumlah Kasus COVID-19 di Sumut Merangkak Naik

7.700 petugas disiagakan untuk halau pemudik

Medan, IDN Times – Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah Pandemik COVID-19. Hal ini mengingat, ada peningkatan kasus COVID-19 harian menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah, di Sumut.

Edy juga menegaskan soal larangan larangan mudik, juga takbir keliling, serta perayaan yang membuat kerumunan pada Idulfitri tahun ini. Karenanya, Edy Rahmayadi meminta rakyat Sumut untuk dapat mematuhi semua aturan tersebut.

“Rakyat Sumatera Utara, taatilah, karena ini sulit dan berbahaya untuk kita semua, mari kita jaga Sumatera Utara yang kita cintai ini,” ujar Edy usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021, di Lapangan Apron Charlie, Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Rabu (5/5/2021).

1. Sudah 29.653 kasus COVID-19 terjadi di Sumut

Jelang Lebaran, Jumlah Kasus COVID-19 di Sumut Merangkak NaikPetugas kesehatan memakai alat pelindung diri (APD) saat melakukan uji usap pada pekerja konstruksi untuk uji antigen cepat di lokasi konstruksi, ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Ahmedabad, India, Rabu (9/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Data per 4 Mei 2021 menunjukkan, di Sumatra Utara sudah terjadi 29.653 kasus COVID-19. Sebanyak 26,375 kasus berhasil sembuh. COVID-19 juga sudah merenggut 976 nyawa di Sumut.

Edy mengatakan, jumlah kasus harian di Sumut sempat menurun. Namun belakangan angkanya meningkat kembali.

"Rakyat Sumut ku, dengan kondisi setiap ada kegiatan libur bersama itu kasus COVID-19 cenderung meningkat sama seperti sekarang ini. Kemarin kita sempat 50-an dua hari lalu. Sekarang sudah 76, berarti tren naik. Rumah sakit juga tren bed-nya naik. Untuk itu rakyat Sumut, mari kita jaga Sumut yang kita cintai ini," ungkap Edy.

Baca Juga: Nek Halimah Menangis, Lahannya Dibeli Pemko Medan Tapi Tak Dibayar

2. Ribuan petugas akan halau pemudik di posko penyekatan

Jelang Lebaran, Jumlah Kasus COVID-19 di Sumut Merangkak NaikGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menjadi Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupan Toba – 2021, dan Kesiapan Pengamanan Idulfitri 1442 H Tahun 2021 di Wilayah Provinsi Sumut di Lapangan Apron Charlie, Lanud Soewondo Medan, Rabu (5/5/2021). Dinas Kominfo Provinsi Sumut : Veri Ardian)

Dalam Operasi Ketupat Toba 2021 ini 7.700 personel kepolisian akan ditempatkan pada 73 titik pos penyekatan di kabupaten/kota. Selain pintu masuk ke Sumut, pusat keramaian juga akan menjadi fokus operasi. Aparat kepolisian juga akan dibantu 1.200 personel TNI dan 2.700 petugas dari unsur pemerintah daerah.

Kata Edy, bila tetap ada masyarakat yang nekat melakukan mudik, maka petugas yang disiagakan akan langsung memberikan penindakan.

"Sanksi yang diberikan berupa teguran, kegiatan fisik sampai tingkat administrasi. Karena Sumut sudah ada Pergub, untuk kegiatan hukum yang harus kita lakukan," tegas mantan Pangkostrad itu.

3. Pelayanan kepada masyarakat harus tetap dilakukan secara humanis

Jelang Lebaran, Jumlah Kasus COVID-19 di Sumut Merangkak NaikGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menjadi Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupan Toba – 2021, dan Kesiapan Pengamanan Idulfitri 1442 H Tahun 2021 di Wilayah Provinsi Sumut di Lapangan Apron Charlie, Lanud Soewondo Medan, Rabu (5/5/2021). Dinas Kominfo Provinsi Sumut : Veri Ardian)

Edy berpesan agar seluruh personel yang bertugas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama Operasi Ketupat Toba 2021. Serta tetap mengedepankan kegiatan pencegahan, deteksi dini dan penegakan hukum, dalam rangka pengamanan perayaan Idulfitri di masa pandemi.

"Kita harus bisa memberikan rasa aman, nyaman, tertib dan lancar di tengah suasana pandemi ini di masyarakat. Apalagi saat ini, di Sumut mengalami peningkatan kasus yang terpapar COVID-19,” ungkapnya.

Baca Juga: Dilaporkan ke Polisi, Ratu Entok: Yang Saya Sampaikan itu Suara Hati

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya