Comscore Tracker

Dosis Vaksin di Sumut Kian Menipis, Gubernur Edy: Tunggu Dikirim

Baru 7 persen warga divaksin dosis kedua

Medan, IDN Times - Kabupaten dan kota yang ada di Sumatra Utara (Sumut) kian kesulitan melakukan vaksinasi. Stok vaksin disebut kian menipis.

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi pun mengakui stok vaksin yang kian menipis itu. Mantan Pangkostrad itu pun sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat supaya memasok vaksin ke Sumut.

“Vaksin nanti dikirim dari Jakarta. Tunggu dikirim lah,” ujar Edy, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Sudah Kepala 4, 10 Potret Modis Tante Ernie Bak Masih Mahasiswi

1. Realisasi vaksinasi masih sangat minim

Dosis Vaksin di Sumut Kian Menipis, Gubernur Edy: Tunggu DikirimIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Edy pun mengaku jika realisasi vaksinasi masih minim. Data yag dihimpun dari laman vaksin.kemkes.go.id, vaksinasi dosis pertama di Sumut baru mencapai angka 15,93 persen atau 1.819.464 orang.

Sementara untuk dosis kedua baru mencapai 7,80 persen atau 890.377 orang. Angka ini masih jauh dari target 70 persen warga sebesar 11.419.559 orang di Sumut untuk mencapai Herd Immunity.

“Berarti masih butuh banyak lagi," ujarnya.

2. Edy meminta pemerintah pusat mengirim 2 juta dosis vaksin

Dosis Vaksin di Sumut Kian Menipis, Gubernur Edy: Tunggu Dikirim(Ilustrasi) antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah menyebutkan jika Edy sudah menyurati Kementerian Kesehatan terkait kebutuhan vaksin.

Dalam surat itu, Edy meminta Pemerintah Pusat agar mengirimkan 2 juta dosis vaksin COVID-19.

"Pak gubernur sudah mengirimkan surat ke Kemenkes, kita minta 2 juta dosis vaksin. Sekarang masih diproses. Kita berharap secepatnya," ungkap Aris, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Rabu (21/7/2021).

Mantan Kadis Kesehatan Asahan itu pun mengungkapkan bahwa terakhir kali Sumut mendapat kiriman vaksin dari Kemenkes sebanyak 12 ribu vial. Vaksin tersebut kemudian diditribusikan kepada TNI/Polri dan Dinas Kesehatan.

3. Kasus di Sumut masih terus meningkat

Dosis Vaksin di Sumut Kian Menipis, Gubernur Edy: Tunggu DikirimWarga melakukan ziarah ke pemakaman COVID-19 Kelurahan Simalingkar B, Ujung Labuhen, Medan, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (2/4/2021). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Informasi yang dihimpun, kasus di Sumut masih mengalami tren peningkatan. Kasus hariannya meningkat 1.028 kasus per 26 Juli 2021 (Data BNPB). Penambahan ini membuat kasus di Sumut mencapai 53.091 kasus.

Untuk orang yang sudah sembuh mencapai 38.234 orang. Bertambah 511 orang dari hari sebelumnya.

Untuk kasus meninggal juga terus mengalami peningkatan. Jumlah kasus eninggal mencapai 1.387 orang. Bertambah sembilan orang dari hari sebelumnya.

Baca Juga: Ini Daftar Daerah di Luar Jawa-Bali Kena Perpanjangan PPKM Level 4

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya