Comscore Tracker

[BREAKING] Sinabung Erupsi Lagi, Abu Vulkanik Capai 4.000 Meter

Masyarakat diminta waspada

Karo, IDN Times – Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara kembali menunjukkan aktifitasnya, Rabu (19/8/2020) petang. Sinabung mengalami erupsi yang cukup besar.

Erupsi tercatat pada pukul 18.23 WIB. Tinggi muntahan abu vulkanik mencapai 4.000 meter.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 100 mm dan durasi lebih kurang 11 menit 48 detik," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Badan Geologi dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Armen Putra, Rabu malam.

Sampai saat ini erupsi masih mengeluarkan abu vulkanik. Gunung Sinabung saat ini masih berada pada status level III atau siaga. Kepada masyarakat, Armen mengimbau untuk selalu waspada.

"Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor Timur-Utara," imbaunya.

Masyarakat juga diminta untuk memakai masker saat berada di luar rumah ketika erupsi. Kemudian masyarakat juga harus mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," pungkasnya.

Hari ini Sinabung tercatat mengalami erupsi dua kali. Pada pukul 00.54 WIB, Sinabung memuntahkan abu vulkanik dengan ketinggian 2.000 meter.

Baca Juga: Gunung Sinabung Erupsi Terus, Abu Vulkanik Tertinggi Sejak 10 Agustus

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya