Comscore Tracker

Arus Mudik di Kualanamu Mulai Meningkat, Puncaknya Diprediksi 30 April

Puncak arus balik sepekan lebaran

Deliserdang, IDN Times – Aktivitas di Bandara Internasional Kualanamu mulai terlihat padat. Ada tren peningkatan jumlah penumpang menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 H.

Peningkatan ini juga seiring kembali dibukanya rute penerbangan internasional sejak 22 April 2022.

1. Peningkatan arus penumpang signifikan

Arus Mudik di Kualanamu Mulai Meningkat, Puncaknya Diprediksi 30 AprilPenumpang di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara melakukan check in di salah satu counter maskapai, Selasa (28/7/2020). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Informasi yang dihimpun, pergerakan penumpang baik yang tiba dan berangkat pada 22 April tercatat sejumla 13.629 penumpang dengan total 135 jadwal penerbangan.

Pada Sabtu 23 April 2022, jumlah penumpang mencapai 14.238 orang dengan 125 penerbangan. Selain itu juga terdapat 12 penerbangan kargo dan 1 penerbangan carter.

2. Puncak mudik akan terjadi pada 30 April 2022

Arus Mudik di Kualanamu Mulai Meningkat, Puncaknya Diprediksi 30 April(Bandara Kualanamu) Google Street View

Senior Manager of Operation and Service Bandara Internasional Kualanamu, Aris Budi Karyono, meski mengalami peningkatan jumlah pemudik, namun untuk lonjakan puncak arus mudik di bandara Internasional Kualanamu diprediksi baru akan terjadi pada tanggal 29 dan 30 April 2022 atau H-3 dan H-2 jelang lebaran Idul Fitri 1443 H. Ditaksir jumlah penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Kualanamu mencapai 21 ribu penumpang.

“Kalau lonjakan arus mudik sampai saat ini sih memang ada kenaikan dibandingkan sebelumnya karena masih dalam masa COVID-19. Cuma, kita prediksi di tanggal 29 dan 30 april itu puncak arus mudik, dikisaran 21 ribu. Tapi, sebenarnya di bawah angka normal yang biasanya di angka 24 ribu,” ujar Aris, Minggu (24/4/2022).

3. Arus balik lebaran diprediksi terjadi pada H+7 lebaran

Arus Mudik di Kualanamu Mulai Meningkat, Puncaknya Diprediksi 30 AprilBandara Kualanamu memperketat pengawasan terhadap penumpang yang masuk dari penerbangan Internasional. Kualanamu dipasangi thermal scanner untuk mendeteksi suhu tubuh orang yang diduga terjangkit Corona (Albert Ivan Damanik for IDN Times)

Untuk puncak arus balik di Kualanamu, diprediksi terjadi pada 8  Mei 2022 atau H+7 lebaran. Ini seiring dengan berakhirnya masa cuti bersama.

Pihak PT Angkasapura II Bandara Kualanamu juga telah mendirikan posko pelayanan angkutan lebaran sejak 22 April lalu. Nantinya, di lokasi tersebut para penumpang bisa mengecek kesehatan dan menerima vaksin lengkap dan booster kepada petugas secara gratis.

“Kami juga dari tadi malam sudah ketok palu melakukan pembukaan posko pelayanan angkutan lebaran tanggal 22 lalu. Itu semua kita data semua penumpang dan penerbangan. Di depan ada posko gabungan TNI, Polisi, dan Stakeholder,” jelasnya.

Untuk aturan perjalanan domestik dan luar negeri, kata Aris masih mengacu pada surat edaran nomor 17 tahun 2022 dari Satgas COVID-19 dan Surat edaran Kementerian perhubungan nomor 42 tahun 2022. Salah satunya, bagi penumpang yang baru menerima vaksin tahap pertama wajib menyertakan bukti hasil rapid tes PCR.

“Kalau untuk perjalanan domestik untuk vaksin tiga atau booster tidak diperlukan apa –apa. Vaksin lengkap wajib lakukan antigen yang berlaku 1x24 jam. Vaksin baru satu kali, itu wajib tes PCR. Anak – anak di bawah usia 17 tahun mengikuti alur orang tua tersebut,” kata Aris.

Untuk pelaku perjalanan luar negeri, penumpang  WNA atau pun WNI dari Kualanamu harus memiliki suhu badan di bawah 37,5 derajat celcius. Jika di atas angka itu, petugas akan melakukan observasi. 

Baca Juga: [BREAKING] Sumur SMGP Diduga Kembali Bocor, Belasan Warga Dibawa ke RS

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya