Comscore Tracker

Anggota DPRD Sumut Positif Corona, Kondisinya Sehat Tanpa Gejala

Yang pernah kontak erat diminta periksakan diri

Medan, IDN Times – Kabar mengejutkan datang dari DPRD Sumatera Utara. Salah seorang wakil rakyat dari Fraksi Gerindra dinyatakan positif COVID-19 atau corona.

Anggota DPRD Sumut itu adalah Muhammad Aulia Rizki Agsa. Kabar soal Aulia itu dibenarkan oleh Ayah kandungnya Agustama yang juga mantan Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara.

“Iyah benar, anak saya positif corona. Mohon doanya yah,” kata Agustama, Rabu (25/3).

1. Saat ini Aulia sudah diisolasi di RS Adam Malik

Anggota DPRD Sumut Positif Corona, Kondisinya Sehat Tanpa GejalaMuhammad Aulia Rizki Agsa (kiri), Anggota DPRD Sumut yang dinyatakan positif corona dan berani mengungkapnya ke publik (Instagram/@auliaagsa)

Agustama menuturkan saat ini anaknya sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan.  Kondisinya juga dalam keadaan baik.

“Anak saya pulang dari Jakarta tanggal 8 Maret 2020. Kemudian berangkat ke Manado. Pulang dari sana tanggal 14. Kemungkinan kena (tertular) waktu di Jakarta. Pemeriksaan di laboratorium tanggal  18 Maret,” ujar laki-laki 60 tahun itu.

Baca Juga: Polda Sumut Imbau Masyarakat Tionghoa Laksanakan Cheng Beng di Rumah

2. Aulia sama sekali tidak mengalami gejala apapun

Anggota DPRD Sumut Positif Corona, Kondisinya Sehat Tanpa GejalaMuhammad Aulia Rizki Agsa (tengah), Anggota DPRD Sumut yang dinyatakan positif corona dan berani mengungkapnya ke publik (Instagram/@auliaagsa)

Agustama pun memastikan kondisi anaknya dalam keadaan baik. Sebelum dinyatakan positif, Aulia tidak mengalami gejala apapun. Namun mantan Pengurus Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jabodetabek-Banten itu akhirnya memeriksakan diri dan dinyatakan positif.

“Yang penting dia sehat-sehat. Dia tidak ada batuk, tidak ada demam, tidak ada sesak nafas. Insha Allah tidak ada kendala dengan kesehatannya,” ujarnya.

Saat ini, laki-laki berusia 24 tahun itu tengah menjalani isolasi selama 14 hari, hingga tanggal 1 April nanti. “Tapi nanti tanggal 29 nanti saya minta cek ulang lagi itu. Supaya bersih. Dan tidak ada dugaan macam-macam,” ungkapnya.

3. Ayahnya juga mendorong identitas Aulia dibuka supaya teman-teman yang pernah kontak erat memeriksakan diri untuk pencegahan

Anggota DPRD Sumut Positif Corona, Kondisinya Sehat Tanpa GejalaMuhammad Aulia Rizki Agsa, Anggota DPRD Sumut yang dinyatakan positif corona dan berani mengungkapnya ke publik (Instagram/@auliaagsa)

Sebelumnya, Agustama juga mendukung anaknya untuk membuka identitas ke publik. Karean corona bukanlah aib yang harus ditutupi. Sehingga, orang-orang yang pernah kontak erat dengannya langsung melakukan upaya pencegahan. Dia khawatir anaknya masuk kategori Asimtomatik Carrier atau orang yang sudah terpapar tapi tidak menunjukkan gejala.

“Jadi supaya orang jangan salah langkah. Membuka identitas supaya teman-temannya tahu juga. Ada upaya pencegahan dini,” ungkapnya.

Agustama juga mengaku belum berkontak erat dengan Aulia. Karena saat itu, dia masih berada di Australia. Agustama pun mendukung upaya pemerintah yang saat ini tengah berjibaku melawan virus corona.

Aulia masuk dalam daftar 8 orang yang positif corona di Sumut per Selasa (24/3). Satu di antaranya meninggal pada Selasa 17 Maret 2020. Di provinsi yang di nakhodai Edy Rahmayadi ini pun terdapat 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19  yang meninggal pada Senin (23/3) pagi. Namun datanya belum dimasukkan ke dalam kumulatif perkembangan kasus corona di Sumut.

Sementara itu ada peningkatan signifikan pada data Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 89 persen. Jumlah ODP meningkat menjadi 1.391 orang. Berbeda dengan data hari sebelumnya yang masih berada di angka 763 orang.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) juga meningkat. Ada tambahan 3 orang menjadi 53 PDP. Begitu juga dengan PDP yang dinyatakan sembuh. Jumlahnya meningkat menjadi 8 orang.  

Baca Juga: [BREAKING] Pasien Positif Corona di Adam Malik Medan Jadi 8 Orang

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya