Comscore Tracker

Usut Korupsi PDAM Tirta Lihou, DPRD Simalungun Didesak Bentuk Pansus

Ini sejumlah masalah di PDAM Tirta Lihou

Simalungun, IDN Times - Puluhan warga mengatasnamakan Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Simalungun (Gemapsi) bersama puluhan pegawai PDAM Tirta Lihou berunjuk rasa di Kantor DPRD Simalungun, Selasa (28/9/2021).

Aksi yang dipimpin oleh Ketua Gemapsi, Anthony Damanik, koordinator aksi, Jahenson Garingging, dan Jhohanes Sakti Sembiring. Mereka mendesak DPRD segera membentuk tim Panitia Khusus dalam mengungkap dugaan penyalahgunaan keuangan pada PDAM Tirta Lihou yang dilakukan bupati.

1. Massa sempat diadang polisi

Usut Korupsi PDAM Tirta Lihou, DPRD Simalungun Didesak Bentuk PansusMassa membentangkan spanduk berisi desakan mereka (Istimewa/IDN Times)

Rencana unjuk rasa di kantor DPRD sempat gagal karena polisi mengadang massa. Walau demikian, orasi demi orasi tetap disampaikan. Namun, Anthony Damanik menilai tindakan DPRD Simalungun adalah contoh buruk dari sistem demokrasi di Kabupaten Simalungun.

Seiring waktu, massa yang tak berhenti meneriakkan tuntutan mereka akhirnya diizinkan polisi masuk dan menyampaikan harapan mereka di halaman kantor DPRD setelah mendapatkan restu dari DPRD Simalungun. Di tengah terik matahari, massa mendesak DPRD mendengarkan aspirasi mereka.

Alhasil, Ketua DPRD Simalungun Timbul Sibarani bersama wakil DPRD, Sarmin S Girsang dan anggota DPRD, Hendra Sukma Sinaga serta Benhard Damanik akhirnya menjumpai pengunjuk rasa.

2. Ini sejumlah masalah di PDAM Tirta Lihou

Usut Korupsi PDAM Tirta Lihou, DPRD Simalungun Didesak Bentuk PansusPegawai PDAM Tirta Lihou menyampaikan kekecewaan mereka (Istimewa /IDN Times)

Melihat kehadiran DPRD, Gemapsi menyampaikan, Gemapsi mendesak dewan di Simalungun membentuk pansus terhadap dugaan yang telah mereka sampaikan kepada DPRD. 

Nini Sitanggang, mantan kasubag KAS PDAM Tirta Lihou juga menyampaikan soal banyaknya permasalahan pengelabuhaan keuangan pada PDAM Tirta Lihou. Indikasi kejahatan itu terjadi ketika masa transisi kepemimpinan PDAM Tirta Lihou tidak dilakukan pemeriksaan arus kas.

Massa juga mengaku kecewa terkait penggeledahan kantor PDAM Tirta Lihou yang telah dilakukan Kejati Sumut atas dugaan korupsi namun hingga sekarang tidak ada satu pun yang dijadikan tersangka.

Kemudian, mengenai banyak pegawai PDAM Tirta Lihou tidak gajian diungkapkan. Namun penerimaan pegawai baru tetap dilaksanakan. Ada laporan temuan bahwa terdapat panjar pembiayaan yang tidak bisa diselesaikan sudah 3 tahun. Pesangon pensiun belum dan telat dibayarkan.

"Kami sudah menyampaikan hal ini kepada Bupati, tetapi menurut bupati itu bukanlah tugas dirinya. Malah mengatakan kalau Direktur PDAM Tirta Lihou bermarga Sinaga sedangkan dia juga bermarga Sinaga. Permasalahan keuangan PDAM Tirta Lihou, dipastikan tidak merugi, tetapi dilakukan penggelembungan harga," ujar Nina.

3. DPRD janji akan membahas masalah PDAM Tirta Lihou

Usut Korupsi PDAM Tirta Lihou, DPRD Simalungun Didesak Bentuk PansusMassa diterima DPRD dan berjanji membahas desakan mereka (Istimewa/IDN Times)

Setelah mendengarkan tuntutan dari massa Gemapsi, Timbul Jaya Sibarani berjanji akan menjadwalkan waktu membahas masalah PDAM Tirta Lihou. Sebab, DPRD sedang nembahasan P - APBD Simalungun dan segera akan usai.

"Rabu depan dapat kita lakukan pembahasan bersama terkait permasalan PDAM Tirta Lihou. Kami juga akan mengundang perwakilan pegawai dan Gemapsi untuk dapat memberikan informasi bersifat teknis sehingga persoalan PDAM Tirta Lihou dapat kita selesaikan," kata Timbul Jaya.

Baca Juga: Pasca Gunung Sinabung Meletus, Ini 7 Tempat Wisata Baru di Tanah Karo

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya