Comscore Tracker

Sah! Kabupaten Toba Samosir Berubah Jadi Kabupaten Toba

Kabupaten Samosir dengan Toba Samosir kerap dikira sama

Toba Samosir, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo resmi mengganti nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba, di Provinsi Sumatera Utara. Perubahan nama ini disahkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2020 yang telah ditandatangani, Joko Widodo, 26 Februari 2020. Hal ini dibenarkan Kabag Humas Pemkab Toba, Robin Siagian, Rabu (4/3).

Dijelaskannya, bahwa Kabupaten Toba Samosir merupakan daerah otonom yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1998 tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Toba Samosir. Kabupaten Toba Samosir dinilai sudah tidak sesuai dikarenakan wilayah cakupan Kabupaten Toba Samosir sudah tidak mencakup wilayah Kabupaten Samosir.

Dalam praktiknya, penggunaan nama Kabupaten Toba Samosir sering menyebabkan ketidaktertiban, karena nama Toba Samosir sering disamakan dengan Samosir ataupun sebaliknya.

1. Perubahan nama sarat dengan nilai sejarah dan adat istiadat masyarakat

Sah! Kabupaten Toba Samosir Berubah Jadi Kabupaten TobaRumah adat Batak Toba yang kental dengan ukiran dan pemasangan ukiran patung di depan rumah (Dok.IDN Times/Istimewa)

Secara filosofis, perubahan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba sarat dengan nilai-nilai sejarah dan adat istiadat masyarakat yang tinggal di Kabupaten Toba Samosir yaitu masyarakat subsuku Toba Holbung dan daerah yang ditempati disebut daerah Toba serta orang atau komunitas masyarakat yang tinggal di
Kabupaten Toba Samosir disebut sebagai orang Toba (Par Toba).

Berdasarkan ketentuan dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2Ol4 tentang Pemerintahan Daerah, perubahan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba di Provinsi Sumatera Utara, ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah. Secara umum Peraturan Pemerintah ini mengatur mengenai
perubahan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba, penyesuaian administratif perubahan nama, sosialisasi perubahan nama, pendanaan pelaksanaan perubahan nama, dan pelaksanaan perubahan nama yang menyangkut instansi vertikal atau Pemerintah Daerah provinsi.

Baca Juga: Toba Samosir Bakal Ganti Nama Tahun Depan, Infrastruktur Digenjot

2. Satu tahun bagi Pemkab Toba mensosialisasikan nama baru termasuk perubahan admistrasi

Sah! Kabupaten Toba Samosir Berubah Jadi Kabupaten TobaGedung kantor Bupati dengan nama Toba Samosir akan diubah menjadi Toba (Dok.IDN Times/Istimewa)

Robin Siagian mengatakan, sejak perubahan nama disahkan Presiden tanggal 24 Februari 2020 yang lalu, yang dihadiri langsung utusan dari pejabat PemkabToba, maka langkah Pemkab adalah mensosialisasikannya kepada masyarakat luas. 

"Dalam salah satu pasalnya diberi ruang waktu kepada kita selama satu tahun untuk perubahan nama dan simbol daerahnya. Nanti saat puncak HUT Toba yang ke 21 tahun, direncanakan akan dibuat tanggal 14 Maret nanti, sebagai puncak HUT ada pembukaan slubun," katanya.

3. Perubahan logo direncanakan menggambarkan budaya kearifan lokal

Sah! Kabupaten Toba Samosir Berubah Jadi Kabupaten TobaLogo Pemkab Toba Samosir akan diubah menjadi Pemkab Toba (Dok.IDN Times/Istimewa)

Ia mengatakan, tidak menutup kemungkinan logo disandingkan dengan kebudayaan masyarakatnya sehingga satu kesatuan dengan nama Toba. "Di dalam simbol daerah ini masih ada Samosirnya. Untuk itu masih diperlakukan bagaimana caranya agar dalam simbol itu benar-benar menunjukkan suku batak Toba. Bisa jadi perubahan logo mengedepankan kearifan lokalnya," ucapnya. 

Direncanakan, Pemkab akan mengusulkan diterbitkannya Peraturan Daerah (Perda) mengenai perubahan nama sebagai turunan dari PP Nomor 14 Tahun 2020. Untuk itu, Pemkab Toba akan berkoodinasi dengan DPRD. Ia juga menegaskan, perubahan nama tentu berkaitan dengan administrasi, namun masyarakat tidak perlu risau. "Masih ada ruang satu tahun untuk peralihan nama untuk semua adminnistrasi kepemerintahan atau apapun bentuknya," tutupnya.

Baca Juga: Selain Samosir, Ini 7 Pulau yang Instagramable di Sekitar Danau Toba

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya