Comscore Tracker

Kasus Positif COVID-19 di Simalungun Bertambah Jadi 20 Orang, 6 Sembuh

Harus terus tingkatkan kewaspadaan

Simalungun, IDN Times - Pasien yang positif COVID-19 di Kabupaten Simalungun bertambah 4 orang. Total sudah 20 kasus positif di Simalungun hingga Jumat (29/5). Data ini disampaikan Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Simalungun, Akmal Siregar di Posko GTPP, COVID-19, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Informasi yang disampaikan ke publik berdasarkan surat yang diperoleh Dinkes Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) sebagaimana hasil pemeriksaan sampel COVID19 tanggal 27 Mei 2020, yang dilakukan oleh laboratorium klinik terpadu , Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) Medan dengan surat yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

1. Empat orang positif COVID-19 bertambah hari ini

Kasus Positif COVID-19 di Simalungun Bertambah Jadi 20 Orang, 6 SembuhGrafik kondisi sebaran COVID-19 di Simalungun (Dok. IDN Times/Istimewa)

Kadis Kesehatan menambahkan, dari ke 4 pasien ini, satu diantaranya merupakan petugas medis, perempuan berusia 44 tahun. Kemudian, dua orang pasien merupakan warga Kecamatan Siantar, yaitu seorang pria berusia 58 tahun, tadinya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP ) yang sudah dirawat sejak 19 Mei 2020 di Rumah Sakit Darurat Khusus (RSDK) COVID-19 yang ada di Batu 20, Kecamatan Panei. Dan, wanita berumur 47 tahun, warga Silampuyang, yang sudah dirawat sejak 20 Mei 2020 di RSDK.

Selanjutnya, satu orang warga Kecamatan Tapian Dolok, pria berumur 58 tahun, yang sudah dirawat di RS Perdagangan sejak 17 Mei 2020. "Ketua Gugus Tugas sudah memerintahkan kepada Dinas Kesehatan dan satuan tugas di kecamatan untuk melakukan tracing kembali di area wilayah tempat tinggal masing masing dan keluarga inti pasien, guna memutus penyebaran COVID19," kata Akmal.

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 Simalungun Tambah 4 Orang, 3 dari Tenaga Medis

2. Tiga pasien positif COVID19 juga dikabarkan sembuh

Kasus Positif COVID-19 di Simalungun Bertambah Jadi 20 Orang, 6 SembuhPasien sembuh dari virus corona meninggalkan rumah sakit ( ANTARA FOTO/REUTERS/Diego Vara)

Akmal Siregar juga mengumumkan adanya tiga orang pasien positif COVID-19 sembuh. Pasien sembuh yang pertama berinisial DS asal Rambung Merah, Kecamatan Siantar. Kedua, SU, warga Raya Kahean dan RS warga Kota Pematangsiantar. Ketiga pasien dinyatakan sembuh sesuai hasil swab test. Kini mereka sudah dipulangkan setelah observasi dan sejauh ini tidak ada kendala.

Namun, mereka tetap diwajibkan untuk menjalani isolasi mandiri selama 14 hari dan jika dirasakan gejala, mereka diminta melaporkannya guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Nama ketiga pasien ini menambah daftar yang sembuh, secara keseluruhan menjadi 6 orang. Ini layak disyukuri dan akan menjadi momentum kedepannya bagi kesehatan para pasien yang sedang dirawat dengan harapan pasien yang sembuh semakin bertambah.

"Semoga ini menjadi momentum baik guna hari hari kedepan pasien kita sembuh semakin bertambah, kita meng apresiasi segenap dokter dan petugas medis RS rondahaim yang telah bekerja maksimal dalam melakukan perawatan dengan hasil yang baik," ucapnya.

3. Sesuai data, total pasien positif COVID19 20 orang, empat di antara tenaga medis

Kasus Positif COVID-19 di Simalungun Bertambah Jadi 20 Orang, 6 SembuhTwitter.com/fikrizzudinoor

Sejauh ini jumlah tenaga medis yang terpapar COVID-19 di Simalungun menjadi 4 orang. Pertama, warga Kecamatan Pamatang Sidamanik. Selama ini bertugas di Puskesmas Sipintuangin, yang telah dirawat sejak 14 Mei 2020 di Rumah Sakit Darurat Khusus (RSDK) COVID-19 di Batu 20.

Pasien kedua, warga Kecamatan Ujung Padang, bertugas di Puskesmas Saturmatinggi. Sebelumnya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sejak tanggal 13 Mei 2020 dan dirawat di RSDK COVID-19. Ketiga, warga Kota Pematangsiantar, bertugas di Puskesmas Silau Malaga. Keempat, warga Tebing Tinggi yang bertugas di Rumah Sakit Rondahaim dan dirawat di sana.

Sampai saat ini, PDP yang sembuh sebanyak 37 orang. Akmal berpesan agar masyarakat tetap disiplin untuk tidak bepergian ke luar rumah ataupun memakai masker.

Baca Juga: 3 Pasien Positif COVID-19 Simalungun Sembuh, Semuanya Lansia

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya