Menko PMK Kunjungi Warga Belawan, Pastikan Bansos Disalurkan

Bantuan diberikan tiga bulan sekaligus

Medan, IDN Times- Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia Muhadjir Effendy, mengunjungi warga di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sabtu (16/4/2022). Kehadiran Muhadjir untuk memastikan bantuan sosial tersalurkan.

1. Pastikan masyarakat telah menerima bansos dari pemerintah

Menko PMK Kunjungi Warga Belawan, Pastikan Bansos DisalurkanIlustrasi Bantuan Sosial (Bansos). (IDN Times/Aditya Pratama)

Kunjungan yang didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi tersebut untuk memastikan masyarakat miskin di daerah ini telah menerima bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah, antara lain bantuan sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng.

"Saya hari ini meninjau bantuan yang telah disalurkan baik sembako, PKH, maupun BLT minyàk goreng. Sesuai perintah presiden bantuan ini diberikan tiga bulan sekaligus, makanya kita lihat dan tanya langsung apakah bantuan itu diterima masyarakat," ucap Menko Muhadjir Effendy, saat mengunjungi salah satu rumah warga di Belawan.

Baca Juga: Edy Dorong Warga Daftarkan Kekayaan Intelektual Ke Kemenkumham

2. Ingatkan warga tidak percaya pada oknum yang menjanjikan dapat mengurus bantuan

Menko PMK Kunjungi Warga Belawan, Pastikan Bansos DisalurkanIlustrasi warga penerima Bansos (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Kemudian, Menko Muhadjir juga bertemu dan berdialog dengan masyarakat di Kantor Camat Medan Belawan, Jalan Cimanuk Nomor 3. Muhadjir mengingatkan warga yang akan menerima bantuan, agar tidak mudah percaya pada oknum yang menjanjikan dapat mengurus bantuan dari pemerintah dengan meminta imbalan.

"Kesempatan ini saya juga mengingatkan bagi oknum jangan pernah mengambil haknya orang yang tidak mampu, mudah-mudahan apa yang menjadi target pemerintah dapat terpenuhi," katanya.

3. Menko juga mengunjungi Kelurahan Belawan Bahari, Kampung Kurnia

Menko PMK Kunjungi Warga Belawan, Pastikan Bansos DisalurkanHasil tangkapan ikan nelayan. ANTARA FOTO/Rahmad

Usai dari Kantor Camat, Menko Muhadjir bersama Gubernur Edy dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution melanjutkan kunjungan ke Kelurahan Belawan Bahari, Kampung Kurnia. Muhadjir juga menanyakan dan memastikan pada warga apakah telah menerima bansos dari pemerintah.

Bagi warga yang belum menerima bansos, Muhadjir meminta Kepala Lingkungannya untuk segera mendata kembali dan meminta warga untuk melengkapi data yang dibutuhkan dalam proses tersebut guna melengkapi persyaratannya.

Baca Juga: Minta Pemudik Dibooster, Muhadjir: Agar Tak Bawa Oleh-oleh COVID-19

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya