Comscore Tracker

Jelang Ramadan, Tak Ada Lonjakan Harga Bahan Pokok di Pasar Medan 

Edy menilai kenaikan masih dalam batas wajar

Medan, IDN Times - Menjelang Ramadan, Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman melakukan sidak bersama dengan Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi di Pasar Sei Kambing Jalan Gatot Subroto Medan pada Jumat (9/4/2021). Edy didampingi istrinya Nawal Lubis.

Sidak ini dilakukan untuk memantau kenaikan bahan-bahan pokok yang kerap terjadi menjelang Ramadan. Harga barang di salah satu pasar kota Medan ini dinilai masih memiliki kenaikan yang masih di ambang batas.

1. Bahan baku di Pasar Sei Kambing masih dalam tahap normal

Jelang Ramadan, Tak Ada Lonjakan Harga Bahan Pokok di Pasar Medan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat melakukan sidak didampingi oleh Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman di Pasar Sei Kambing (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurut Wakil Wali Kota Medan, tarif harga sembako maupun bahan baku di Pasar Sei Kambing masih dalam tahap normal.

"Karena mungkin pedagang pasar ini tahu juga, perputaran ekonomi yang ada di kota Medan. Jadi mereka menaikkannya di ambang batas wajar," kata Wakil Wali Kota Medan, Aulia.

Dari sidak ini, tahap pengawasan selanjutnya Wakil Wali Kota Medan mengatakan akan rapat berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumut.

"Hasil rapat nanti akan diumumkan. Jadi kita mengikuti arahan dari pada Pemerintah Provinsi Sumut apa yang menjadi putusan kita wajib mengikuti. Karena ini semua terstruktur dari Kementrian sampai ke tingkat daerah," ujarnya.

Baca Juga: Salat Tarawih Berjamaah Diperbolehkan, Begini Pesan MUI Sumut 

2. Edy menilai pertumbuhan ekonomi jelang Ramadan dimulai dari Pasar

Jelang Ramadan, Tak Ada Lonjakan Harga Bahan Pokok di Pasar Medan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat melakukan sidak didampingi oleh Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman di Pasar Sei Kambing (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sebelumnya, Gubernur Sumut mengatakan kenaikan harga menjelang hari besar khususnya bulan suci Ramadan menjadi suatu kebiasaan.

"Padahal saya sudah tahu, belum ada waktunya untuk naik. Karena jumlah barang dengan uang itu harus seimbang. Saya ikuti benar ini. Itulah namanya pertumbuhan ekonomi kita, dinilai dari yang paling awal adalah dari pasar," ujar Gubernur Sumut.

3. Sejumlah komoditas tak melonjak naik, seperti daging, cabai dan bawang

Jelang Ramadan, Tak Ada Lonjakan Harga Bahan Pokok di Pasar Medan Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman saat melakukan sidak di Pasar Sei Kambing (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurut Gubernur Sumut, sejumlah harga komoditas masih normal. Namun, ada beberapa komoditas tertentu yang mengalami kenaikan harga yakni telur, dan daging.

"Daging tadi juga sudah ada yang sampai Rp130 ribu khas dalam. Dia rata-rata di atas Rp. 120 ribu dari mana hitungnya, dari jumlah sapi yang dipotong. 124 ekor perhari di Sumut ini pak Wakil Wali Kota. Saya hitung secara kasar. Ada bawang merah, cabai merah, bawang putih, cabai rawit mulai merangkak naik," jelas Edy Rahmayadi.

Menurutnya alasannya klasik, yakni kenaikan harga makanan ternak. Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Sumut dan Pemerintah Kota Medan akan bersinergi untuk melakukan pemantauan harga di pasar agar tak mengalami lonjakan signifikan jelang Ramadan. 

Selain harga daging yang disebut Gubernur Sumut, untuk tarif harga bahan pokok lainnya seperti cabai merah yakni Rp36 ribu/kg hingga Rp38 ribu/kg, bawang merah Solok Rp28 ribu/kg, dan bawang putih Rp27 ribu/kg.

Baca Juga: Ramadan dan Idulfitri 2021, PLN Sumut Siagakan 2.672 Personel

Topic:

  • Indah Permatasari
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya